Sukses

8-7-1951: Kota Paris Rayakan Ulang Tahun ke-2.000

Pada tahun 250 SM, Parisii menetap di sebuah pulau - kini dikenal dengan sebutan Ile de la Cite - di Sungai Seine.

Liputan6.com, Paris - Tepat pada hari ini, tahun 1951, Ibu Kota Prancis, Paris, merayakan hari jadinya yang ke-2.000 tahun.

Paris diduga ditemukan sekitar tahun 250 SM. Sejarah kota tersebut berasal dari suku Gallic, yang kemudian dikenal dengan sebutan Parisii.

Pada tahun 250 SM, Parisii menetap di sebuah pulau - kini dikenal dengan sebutan Ile de la Cite - di Sungai Seine.

Menurut laporan yang dikutip dari History, Jumat (8/7/2016), Julius Caesar dan Roma mengambil alih wilayah tersebut pada 50 SM.

Wilayah tersebut kemudian dikristenisasi dan dikenal sebagai Lutetia -- bahasa Latin yang berarti 'kediaman di tengah air'.

Pemukiman tersebut kemudian menyebar ke sebelah kanan dan kiri tepi Sungai Seine. Belakangan, nama Lutetia diganti menjadi Paris.

Pada tahun 987 SM, Paris dinobatkan menjadi Ibukota Prancis.

Seiring dengan berkembangnya kota tersebut, wilayah kiri tepi sungai menjadi pusat pengetahuan, sementara wilayah kanan sungai menjadi kota bisnis.

Pada masa Renaissance Prancis, dari abad ke-15 hingga awal abad ke-17, Paris menjadi pusat seni, sains, dan arsitektur.

Lalu, pada pertengahan 1800-an, Napoleon III memutuskan mempekerjakan perencana sipil Georges-Eugene Hausmann, untuk memodernisasikan Paris.

Eugene mendesain kota menjadi luas, dihiasi dengan jalanan yang dipenuhi pepohonan, tempat parkir yang lapang, sistem saluran pembuangan baru, dan proyek publik lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu, kota itu terus berkembang sebagai pusat penting bagi seni dan budaya.

Pada 1860-an, sebuah gerakan seni yang dikenal dengan French Impression, muncul dan menampilkan karya sekelompok seniman berbasis di Paris, termasuk Claude Monet dan Pierre-Auguste Renoir.

Kini, Paris merupakan rumah untuk 2 juta penduduk dengan tambahan 10 juta lainnya yang tinggal di area metropolitan.

Kota itu tidak hanya terkenal akan seninya, tapi juga makanan, mode, dan juga perdagangan.

Paris juga menjadi salah satu tujuan wisata paling populer di dunia, terkenal karena atraksi Menara Eiffel, Arc de Triomphe, Champs-Elysees, Katedral Notre Dame, Luxembourg Gardens, dan Museum Louvre -- tempat dipajangnya lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci.

Pada tanggal 8 Juli 1997, hujan deras mengguyur Pegunungan Carpathian dan menyebabkan banjir besar di Republik Ceko, Polandia, serta Jerman. Banjir tersebut menyebabkan setidaknya 104 warga tewas.

Presiden Korea Utara, Kim Il-sung, meninggal pada hari ini tahun 1994. Kakek Kim Jong-un itu menutup mata pada usia 82 tahun akibat serangan jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini