Sukses

Top 3: Laporan 'File 17' Terkait Peristiwa 9/11

Setelah belasan tahun berlalu, peristiwa 9/11 masih menjadi berita, misalnya dengan temuan suatu laporan tentang keterlibatan negara lain.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah belasan tahun berlalu, ternyata masih saja ada hal-hal baru yang terungkap seputar peristiwa 9/11 di New York. Para pembaca Liputan6.com paling tertarik membaca terbitan sebuah dokumen bertajuk 'File 17' yang isinya cukup mencengangkan.

Betapa tidak, dalam temuan tim bipartisan itu ada dugaan keterlibatan hubungan pihak Arab Saudi dengan para pembajak. Sungguh suatu dugaan yang tidak nyaman bagi mereka yang disebut-sebut.

Kemudian, kenekatan seorang pria menelan 20 telur mentah demi mendapatkan makan gratis juga menarik perhatian. Menyantap telur mentah mengandung risiko paparan kepada bakteri salmonela, walaupun ada juga ilmuwan yang menganjurkan santapan telur mentah dengan memperhatikan asal muasal ayam petelurnya.

Terakhir, beredarnya sebuah video berisi ancaman ISIS terhadap Indonesia dan Malaysia menjadi berita ketiga yang paling dibaca.

Berikut adalah Top 3 Global untuk Rabu (6/7/2016):


1. Dokumen Rahasia 'File 17' Kuak Rahasia Sosok yang Terlibat 9/11

Runtuhnya Gedung Kembar WTC di New York akibat serangan pada 11 September 2001 (Reuters)

Tahun lalu sempat terjadi kehebohan di mana banyak pihak memaksa agar dokumen rahasia berisi 28 halaman penyelidikan Kongres AS terkait serangan 11 September di WTC New York dirilis.

Diam-diam, pemerintah AS telah mengungkap laporan berisi sekitar 30 orang yang menarik untuk diselidiki karena memungkinkan terkuaknya hubungan Arab Saudi dengan para pembajak.

Dokumen dengan nama 'File 17', menawarkan petunjuk tentang kemungkinan bagian yang hilang dari laporan bipartisan tentang 9/11.

"Banyak informasi yang tertulis di File 17 didasarkan pada (dokumen) 28 halaman," ujar mantan Senator Demokrat Florida dan wakil ketua penyelidikan Kongres, Bob Graham.

Ia meyakini, pembajak memiliki hubungan dengan Arab Saudi ketika sedang berada di Amerika Serikat.

Selanjutnya...

 

 

2. Demi Makan Gratis, Pria Ini Rela Telan 20 Telur Mentah

Hanya dalam waktu sekitar 1 menit, pria peminat makan gratis itu berhasil menenggak semangkuk sajian kuning telur dan putih telur mentah.

Menyantap telur dalam keadaan mentah bukanlah hal yang disarankan, karena ada risiko terpapar bakteri salmonella. Tapi ada saja orang yang nekat menyantapnya.

Demi memenangkan hadiah berupa makan gratis di suatu restoran di China, seperti dikutip dari Daily Mail pada Selasa 5 Juli 2016, seorang pria rela menelan 20 telur mentah.

Dalam tayangan terlihat si penantang duduk bertelanjang dada di luar sebuah penjaja makanan kaki lima. Lalu seorang juru masak menyerahkan semangkuk telur mentah kepadanya.

Hanya dalam waktu sekitar 1 menit, pria itu berhasil menenggak sajian kuning telur dan putih telur mentah tersebut. Namun tak diketahui apakah ia kemudian masih sanggup menikmati makanan gratis yang dijanjikan menjadi hadiahnya.

Selanjutnya...

 


3. Beredar Video ISIS Mengancam Perang di Indonesia dan Malaysia

Beredar Video ISIS  Mengancam Perang di Indonesia dan Malaysia (Strait Times/Video Grab)

Ada seorang pria membawa senjata dikelilingi oleh anak-anak. Tak jauh dari lingkaran itu, seorang remaja berdiri dari grup militan yang memegang AK-47.

Itu adalah bagian dari rekaman terbaru kelompok yang mengklaim dirinya ISIS.

Dalam video yang beredar, pria itu mengacung-acungkan telunjuknya dan berkata-kata dengan campuran bahasa serta aksen Melayu. Ia lantas memuji Tuhan dan menunjuk anak-anak itu dan menyebut mereka sebagai tentara Tauhid (tentara yang ditunjuk Tuhan).

Si pria menyebut-nyebut pihak otoritas nusantara terutama Indonesia dan Malaysia. Demikian dilansir dari Straits Times, Selasa 5 Juli 2016.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.