Sukses

Pelaku Bom Bunuh Diri di Dekat Konsulat AS Saudi Warga Pakistan?

Hingga saat ini Dubes Pakistan untuk Arab Saudi menolak memberikan komentar atas laporan tersebut.

Liputan6.com, Riyadh - Seorang pelaku bom bunuh diri yang meledakkan diri di dekat Konsulat AS di Jeddah pada Senin 4 Juli 2016 dini hari merupakan warga Pakistan, demikian menurut klaim Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi.

Berdasarkan keterangan pihak berwenang, pelaku diidentifikasi sebagai Abdullah Gulzar Khan yang pindah ke Arab Saudi sejak 12 tahun lalu. Di sana, ia tinggal di Jeddah bersama dengan istri dan mertuanya.

Sejauh ini Duta Besar Pakistan untuk Arab Saudi, Manzoorul Haq, menolak memberikan komentar atas laporan tersebut.

"Saya tak dapat memberikan komentar karena itu hanya berita...hal tersebut baru merupakan laporan awal dan kami harus menunggu sebelum mengeluarkan pernyataan," ujar Haq seperti dikutip dari The News, Selasa (5/7/2016).

Ia juga mengatakan bahwa Pakistan selalu mendukung Arab Saudi dan akan tetap menjalankan hal tersebut ke depannya.

Menurut keterangan pejabat Arab Saudi, pelaku bom bunuh diri memarkirkan kendaraannya di dekat Konsulat AS di Jeddah sebelum meledakkan dirinya.

Dalam kurun waktu 24 jam, 3 bom meledak di Arab Saudi, yaitu serangan di dekat Konsulat AS pada dini hari, diikuti ledakan di Madinah dan Qatif pada petang harinya.

Menurut keterangan televisi Al-Arabiya, setidaknya terdapat 3 korban meninggal akibat ledakan di Madinah, yakni sang pelaku dan dua orang aparat keamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini