Sukses

Detik-detik Harimau Sumatera Melahirkan 2 Bayi

Kelahiran kedua bayi harimau itu diabadikan dalam sebuah rekaman video berikut ini.

Liputan6.com, London - Sungguh suatu momen menakjubkan bisa menyaksikan kelahiran sepasang anak harimau di kebun binatang. Melalui tayangan kamera tersembunyi, proses saat induk harimau bernama Melati sedang mengejan akan melahirkan terekam.

Dikutip dari Daily Mail pada Senin (4/7/2016), dua anak harimau Sumatera lalu lahir di Kebun Binatang London pada Senin pekan lalu. Kelahiran keduanya diabadikan dalam sebuah rekaman video.

Dari rekaman tersebut, para petugas kebun binatang menyaksikan proses kelahiran anak harimau. Yang pertama lahir pada pukul 09.10 pagi waktu setempat, sedangkan lainnya sekitar 50 menit kemudian.

Tak lama kemudian terlihat anak-anak harimau yang mungil belajar menyusu kepada induknya. Mereka juga menunjukkan tanda-tanda gembira saat bermain.

Pejantan bernama Jae Jae terlihat tertarik pada anak-anaknya, dan bahkan telah memulai kedekatan dengan mereka.

Walau tampak sepele, kelahiran dua anak harimau ini menjadi kemenangan program pembiakkan global satwa-satwa terancam itu. (Sumber ZSL)

Walau tampak sepele, kelahiran dua anak harimau ini menjadi bukti keberhasilan program pengembangbiakan global satwa-satwa terancam itu. Terutama karena populasinya di alam liar diperkirakan hanya tinggal 300 ekor. 

Teague Stubbington, seorang asisten kurator mamalia untuk kebun binatang itu, mengatakan, "Kami sangat bergembira dengan kehadiran para pendatang baru, dan bagaimana Melati memberi tanggapan kepada dua anaknya."

"Cubcam itu memungkinkan kami mengamati hewan-hewan muda itu 24 jam sepekan, tanpa mengganggu induk ataupun pejantannya, sehingga ideal ketika mereka sedang berusaha mengenal bayi-bayi mereka."

Walau tampak sepele, kelahiran dua anak harimau ini menjadi kemenangan program pembiakkan global satwa-satwa terancam itu. (Sumber ZSL)

"Salah satu dari kami selalu bertugas mengawasi anak-anak harimau itu. Jae Jae terlihat mengintip anak-anaknya."

Andjar Rafiastanto, pegiat perlindungan satwa liar di Indonesia mengatakan, kelahiran anak-anak harimau itu memberikan harapan bertahan hidup jangka panjang bagi spesies tersebut.

Ia mengatakan, "Ini berita menarik tentang harimau Sumatera, spesies utama program pelestarian ZSL di Indonesia. ZSL sudah ada di Sumatera selama lebih dari 14 tahun, bersama dengan rekanan di pemerintahan untuk meningkatkan perlindungan terhadap harimau-harimau Sumatera."


**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.