Sukses

Kabur dari Kandang, Luna Si Orangutan Bikin Panik Pengunjung

Para pengunjung panik, dan video orangutan kabur yang tersebar menjadi sensasi di dunia maya.

Liputan6.com, Tampa - Bagian dari Busch Gardens di Tampa dievakuasi dan ditutup setelah orangutan kabur kandangnya pada Jumat 1 Juli 2016 sore waktu setempat. Peristiwa itu tersebar luas setelah salah seorang pengunjung mengunggah video hewan itu memanjat pohon.

Kepanikan para pengunjung terjadi di taman tersebut, dan menjadi sensasi di media sosial.

Orangutan itu akhirnya berhasil ditenangkan dan dikembalikan ke kandang. Tidak ada korban luka baik tamu atau karyawan taman tersebut.

"Pengawasan staf Busch Gardens yang bertugas melonggar, tapi tidak ada yang dalam bahaya," ucap Jason Mayhew dari Orlando seperti dikutip dari Tampa Bay, Sabtu (2/7/2016).

Luna memanjat pohon, jatuh dan terhuyung-huyung ketika mencoba kabur. Wilayah di sekitarnya dievakuasi, sebelum ia ditembak dengan panah penenang dan dibawa kembaki ke kandang.

"Jumat sore, Busch Gardens Tampa Bay memindah tamu aman dari daerah Stanleyville dari taman ketika orangutan betina di luar habitat," kata pihak taman dalam sebuah pernyataan. "Tim perawatan hewan langsung bereaksi dan hewan tersebut kembali dengan selamat dan aman di habitatnya tanpa insiden."

"Keselamatan tamu , karyawan dan hewan adalah prioritas nomor satu kami."

Pihak taman tidak mengatakan berapa lama Luna si orangutan kabur, namun juru bicara Florida Fish dan Wildlife Conservation Commission Gary Morse mengatakan hewan itu kembali ke kandangnya pukul 18.30 waktu setempat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.