Sukses

Tidur di Ruang Sidang, Anggota DPR India Jadi 'Bulan-bulanan'

Pengguna sosial media di India hobi mengamati apa yang dilakukan anggota parlemen dalam sidang.

Liputan6.com, Thiruvananthapuram - Suatu hari di ruang sidang di sebuah negara bagian di India, politisi Eldhose Kunnappilly --  yang terlelap di tengah pidato Gubernur Kerala, P Sathasivam -- tersentak saat dibangunkan koleganya, VT Balram.

Aksinya itu ternyata terekam kamera. Foto tersebut kemudian menyebar di dunia maya, memicu kemunculan sejumlah meme -- yang juga menunjukkan para wakil rakyat atau anggota Members of the Legislative Assembly atau serupa DPR dari Kerala lainnya yang sedang tertidur di tengah sidang.

VT Balram kemudian membela koleganya. Menurut dia, anggota DPR juga manusia. Mereka bisa saja mengantuk dan tertidur pada siang bolong, di ruang sidang sekalipun, saat membicarakan hal-hal penting soal rakyat.

"Anggota dewan punya jadwal kerja yang sibuk, wajib datang tepat waktu dengan mengorbankan waktu tidur. Kami kerap bepergian dengan kereta atau mobil sepanjang malam, namun harus tiba pukul 08.00 sebelum sidang dimulai. Wajar jika kelelahan," kata dia seperti dikutip dari BBC, Sabtu (2/7/2016).

Ia menambahkan, Kunnappilly saat itu sedang sakit kepala. Apalagi, pidato sang gubernur sangat panjang, makan waktu 2 jam.

Apapun, pengguna sosial media di India terlanjur hobi mengamati apa yang dilakukan anggota parlemen dalam sidang.

Fenomena anggota DPR tidur saat sidang mengglobal (BBC)

Meme bermunculan mengkritik para wakil rakyat yang tertidur di ruang sidang (Facebook)

Bahkan, ada kanal video yang didedikasikan untuk mengamati politisi Kerala tidur di ruang rapat parlemen.

Sejumlah anggota DPR India membela diri, mereka mengaku tertidur karena kelelahan (Media One)



Namun, bukan hanya politisi di India yang terpergok tidur di ruang sidang.

Setidaknya ada grup Pinterest yang didedikasikan untuk subjek itu. Termasuk di Inggris. Apa yang dilakukan para wakil rakyat di House of Lords, juga terus diawasi.

Namun, salah satu anggota dewan mengatakan, perilaku tidur di ruang sidang adalah wajar. Mungkin para wakil rakyat itu lelah.

Fenomena anggota dewan tidur di ruang sidang juga terjadi di Inggris (BBC)

 "Mereka sudah sepuh dan mereka baru makan siang yang menyenangkan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.