Sukses

Uang 'Panas' Rp 263 Miliar dalam Ember Tersembunyi di Dinding

Pihak berwenang juga menemukan obat-obatan terlarang dan senjata api di sebuah rumah di Miami, AS.

Liputan6.com, Miami - Pihak berwenang AS menemukan jutaan dolar disembunyikan di dalam ember yang tersembunyi di dalam dinding loteng. Menurut dugaan, jumlah uang tersebut bernilai hingga US$ 10 hingga 20 juta atau setara Rp 131,6 sampai 263,3 miliar.

Tak hanya itu, mereka juga menemukan obat-obatan terlarang dan senjata api ketika menggeledah sebuah rumah di Miami, Florida, AS.

Dikutip dari CNN, Jumat (1/7/2016), Luis Hernandes-Gonzalez (44 tahun) dan adiknya Salma Gonzalez (32) ditangkap pada Rabu, 29 Juni 2016. Panangkapan itu sehubungan dengan kasus perdagangan narkoba, demikian menurut dokumen dari Kepolisian Miami-Dade.

Penemuan tersebut berawal dari penggeledahan kantor milik Hernandez-Gonzalez pada Selasa, 28 Juni 2016, di mana ditemukan uang tunai senilai US$ 180 ribu atau Rp 2,3 miliar. Menurut keterangan polisi, dua jenis ganja berlabel 'Super Skunk' dan 'Chernobyl' juga ditemukan.

Ketika pihak berwenang pergi ke rumah kakak beradik itu di Miami Lakes, mereka menemukan sejumlah uang tunai yang disembunyikan di beberapa lokasi, bersama dengan 4 jenis steroid anabolik, dan pistol TEC-9 berisi peluru.

Di sebuah ruangan rahasia yang hanya dapat diakses melalui loteng, pihak berwenang menemukan 24 ember berisi uang tunai jutaan dolar yang disembunyikan di balik sebuah dinding.

Uang tunai yang diduga jumlahnya berkisar antara $ 10 hingga 20 juta atau Rp 131,6 sampai 263,3 miliar (WSVN/CNN)

Akibat aksi tersebut, Hernandez-Gonzalez harus menghadapi hukuman terkait perdagangan narkoba dan pencucian uang. Sementara itu adiknya dihukum atas kepemilikan dan perdagangan ganja.

Penangkapan itu merupakan puncak penyelidikan yang melibatkan badan penegak hukum narkoba di Tennessee dan Florida, AS.

Pihak penyidik mengatakan, mereka menggunakan beberapa sumber rahasia dan mengintai dengan berpura-pura membeli narkoba untuk dapat menangkap kakak beradik itu

Kepolisian Miami-Dade berujar, penyitaan uang tunai tersebut merupakan yang terbesar dalam sejarah kepolisian mereka.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.