Sukses

Berkabung Atas Bom Istanbul, 9 Ikon Dunia Pasang 'Bendera' Turki

Mulai dari Menara Eiffel di Paris hingga Town Hall di Melbourne, mengekspresikan kedukaannya dengan berselimut warna merah dan putih.

Liputan6.com, Istanbul - Pada Selasa malam, 28 Juni 2016, Istanbul diguncang bom. Peristiwa tersebut terjadi di Bandara Internasional Ataturk yang menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia.

Hingga saat ini jumlah korban meninggal dalam bom Turki itu mencapai 42 orang dan 200 lebih lainnya mengalami luka-luka.

Korban meninggal akibat serangan itu kebanyakan merupakan warga Turki, termasuk petugas bea cukai yang dianggap sebagai pahlawan karena berusaha menghentikan bomber dan seorang pria yang akan melangsungkan pernikahannya setelah ia berusaha membantu para korban luka.

Tak hanya keluarga dan kerabat korban saja yang bersedih, dunia pun turut berduka atas ledakan bom Turki tersebut.

Sejumlah pengguna media sosial seperti Twitter turut mengutarakan kesedihan dan dukungan untuk para korban dan keluarganya. Tagar #TurkeyAttack pun sempat menjadi trending topic.

Selain media sosial, sejumlah negara pun menggunakan bangunan ikoniknya untuk mengekspresikan rasa duka dan dukungan terhadap Turki.

1. Brandenburg Gate, Jerman

Brandenburg Gate (Ruptly)

Di jantung Ibu Kota Jerman, Berlin, Brandenburg Gate diselimuti oleh warna bendera nasional Turki. Beberapa orang juga berkumpul di depan gerbang dengan mengibarkan negara tersebut dan menyalakan lilin untuk mengenang para korban.

2. Menara Eiffel, Prancis

Menara Eiffel (Twitter/@IsaBurakGonca)

Pada Rabu malam, 29 Juni 2016, Menara Eiffel di Paris memancarkan cahaya merah dan putih -- warna bendera Turki -- untuk menunjukkan simpatinya. Proyeksi bendera Turki pun 'berkibar' di antara celah kaki menara tersebut.

3. Royal Palace, Belanda

Royal Palace (Twitter/@AmsterdamNL)

Ibu Kota Belanda, Amsterdam, juga menunjukkan rasa duka citanya dengan memproyeksikan Bendera Turki di depan Royal Palace.

4. Jembatan di Mostar, Bosnia

Jembatan di Mostar, Bosnia (Twitter @AganU8)

Kota bersejarah di Bosnia, Mostar, telah mengubah jembatan ikoniknya dengan warna merah serta dihiasi bulan sabit dan bintang yang menjadi simbol Turki dan Islam.

5. Kuwait City Tower, Kuwait

Kuwait City Tower (Twitter @Saadbin6iflah)

Bulatan bundar menara simbolik Kuwait City yang biasanya berwarna biru dan hijau, juga berubah dengan warna merah dan putih yang mengekspresikan kedukaan negara tersebut.

Tak hanya di Benua Eropa dan Asia saja yang mengekspresikan simpatinya terhadap Turki, beberapa negara di Australia dan Amerika juga turut berduka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

New York Hingga Melbourne

6. Parliement House di Victoria

Victoria Parliement House (Twitter @VicParliement)

Parliement House di Victoria, Australia, dihiasi warna merah dan putih. Dalam Twitter @VicParliement mencuit, "Parliament House diselimuti warna Bendera Turki untuk menghormati korban bom di Turki."

7. Town Hall Melbourne, Australia

Town Hall Melbourne (Twitter @cityofmelbourne)

Sementara itu Town Hall di Mellbourne juga diselimuti warna merah dan putih. "Duka cita mendalam kepada mereka yang menjadi korban serangan Istanbul" tulis @cityofmelbourne dalam Twitter.

8. Empire State New York, AS

Empire State New York (Twitter @GinettaVendetta)

Empire State di New York yang biasanya bergelimang cahaya, kali ini berubah menjadi gelap sebagai tanda berkabung.

9. Toronto, Kanada

Toronto (Twitter @TheTorontoSun)

Kota terbesar di Kanada, Toronto, juga mengubah warna simbol 3D yang terdapat di Nathan Phillips Square menjadi merah dan putih.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.