Sukses

Polisi Jerman Nobatkan Pengungsi Suriah Ini sebagai 'Pahlawan'

Apa alasan polisi Minden, Jerman, menyebut pengungsi pria asal Suriah ini sebagai pahlawan?

Liputan6.com, Minden - Polisi di Minden, Jerman, menyebut seorang pengungsi Suriah sebagai "pahlawan hari ini". Hal itu terjadi setelah ia menemukan uang sejumlah 150 ribu euro atau setara Rp 2,18 miliar dan menyerahkannya kepada pihak berwenang.

Pria berusia 25 tahun tersebut menemukan uang itu di dalam lemari yang ia peroleh dari sebuah organisasi sosial.

Polisi Minden mengatakan, pria tersebut menemukan uang tunai sejumlah 50 ribu euro atau Rp 729,4 juta dan buku tabungan dengan nilai lebih dari 100 ribu euro (Rp 1,45 miliar) yang tersembunyi di bagian bawah lemari.

Setelah melakukan pencarian di internet untuk memastikan bahwa yang ditemukannya merupakan uang asli, pria tersebut melaporkannya ke pejabat berwenang setempat. Demikian seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (29/6/2016).

"Pemuda ini telah melakukan perbuatan yang patut dicontoh dan pantas mendapat penghargaan besar," ujar polisi dalam sebuah pernyataan.

"Orang-orang sering melaporkan uang dengan nilai kecil kepada polisi. Namun jumlah besar, itu benar-benar luar biasa," tambahnya.

Berdasarkan pernyataan, pria 25 tahun itu tiba di Jerman pada Oktober 2015 sebagai pengungsi. Keluarganya yang berada di Suriah menyusulnya ke Minden empat minggu kemudian di mana ia belajar bahasa dan berencana untuk melanjutkan sekolahnya.

Saat ini polisi sedang berusaha mencari pemilik asli uang tersebut.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.