Sukses

Presiden Serukan 'Peras Keringat', Warga Belarus Malah Telanjang

Warga Belarusia merespons permintaan Presiden Lukashenko untuk kerja keras dengan bertelanjang dada.

Liputan6.com, Belarusia - Apa yang diharapkan oleh Presiden Belarus Alyaksandr Lukashenko saat menyerukan warganya untuk bekerja keras? Tentunya wajib direspons dengan baik oleh rakyatnya dengan aksi nyata.

Namun, dengan menggunakan peribahasa "to get undressed and work till you sweat"--atau kurang lebih diterjemahkan "bekerja keras memeras keringat"--yang dilontarkan oleh sang presiden dalam pidatonya, warga dan netizen meresponsnya sesuai dengan arti harafiahnya, yaitu benar-benar buka baju alias telanjang. Namun memang masih sebatas telanjang dada saja.

Peribahasa dan permintaan sang presiden bukan tanpa alasan. Pasalnya, negeri itu tengah mengalami krisis selama beberapa tahun belakangan. Demikian seperti dilansir dari BBC Trending Topic, Selasa (28/6/2016)

Presiden Minta Rakyat 'Peras Keringat', Warga Telanjang Dada (BBC Trending Topic)

Namun, setelah pidato sang presiden yang meminta mereka "bekerja keras hingga berkeringat", warga Belarusia benar-benar melakukannya.

Bahkan mereka sengaja pamer kepada Daddy (Batska) Lukashenko, dengan cara buka baju di tempat kerja dan mengunggah posting-annya di media sosial.

Para pekerja itu menggunakan tagar #getnakedandwork merespons permintaan sang 'Daddy'.

Beberapa netizen memberi judul foto seperti, "if the president command', 'daddy says, we do' dan 'Acting according to the presidential decree'."

 

Presiden Minta Rakyat 'Peras Keringat', Warga Telanjang Dada (BBC Trending Topic)

Tak hanya telanjang dada, para netizen itu bahkan usil menciptakan remix pidato sang Daddy dikombinasikan dengan lagu.

Dalam sepekan, tagar itu menular tak hanya di Belarusia, bahkan hingga Rusia, Ukraina, dan Baltik. Mereka melakukan hal yang sama dengan mengunggah pose "telanjang dada" di tempat kerja.

Ada kemungkinan udara panas memang tengah menerpa timur Eropa. Bisa jadi, apa yang dikatakan Presiden Belarus jadi ide bagi sebagian orang yang memang... kepanasan.

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.