Sukses

Napak Tilas Dubes China ke Aceh, Kunjungi Kampung Tsunami

Dubes Xie Feng mendatangi kampung yang terimbas tsunami yang direkonstruksi oleh pemerintah China.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang Idul Fitri, Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia, Xie Feng beserta istrinya  Wangdan didamping oleh Wakil Konsul Jenderal China di Medan, Zhang Hong, mengunjungi Kampung Persahabatan Tiongkok-Indonesia dan bertemu dengan warga setempat.

Di Kampung Persahabatan, Dubes Xie Feng mendatangi salah seorang warga desa, meninjau jalan, sekolah dan berbagai fasilitas umum lainnya yang dibangun atas dukungan Kedubes China Tak hanya itu, Dubes Xie Feng  memberikan bingkisan sembako. 

Saat bertemu dengan warga setempat, Dubes Xie mengatakan bahwa Kampung Persahabatan Tiongkok-Indonesia tersebut merupakan komplek perumahan yang dibangun oleh Pemerintah Tingkok dengan dana donasi oleh rakyat Tiongkok pasca tsunami tahun 2004.

Pada tahun 2008 saat gempa bumi terjadi di Wenchuan, para warga Desa Persahabatan Tiongkok-Indonesia juga secara spontan mengumpulkan dana bantuan dan datang jauh-jauh dari Aceh ke Jakarta untuk mentransfer bantuan tersebut kepada Kedubes Tiongkok.

"Saya merasa sangat gembira melihat kehidupan teman-teman di Kampung Persahabatan yang rukun dan damai, semangat teman-teman yang tetap berjuang dan optimis serta rasa persahabatan kepada rakyat Tiongkok sangat mengesankan," kata Dubes Xie.

"Pada saat ini, seluruh muslim beserta 23 juta lainnya di seluruh dunia, sedang menjalankan puasa wajib di bulan suci Ramadhan dalam suasana tenteram, mereka melakukan pelayanan dan pembaktian kepada masyarakat dengan menjalankan ibadah puasa, sholat dan zakat, " kata Xie. 

Dubes Xie Feng mendatangi salah seorang warga desa, meninjau jalan, sekolah dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Dubes Xie juga menyampaikan salam titipan dari warga Tiongkok kepada masyarakat Persahabatan Tiongkok-Indonesia. 

"Pemerintah dan rakyat Tiongkok tidak akan melupakan teman-teman di Kampung Persahabatan, kami akan terus-menerus memperhatikan dan mendukung pembangunan tempat tersebut," kata dia. 

Pihak Tiongkok akan mendorong lebih banyak pengusaha asal Tiongkok untuk berinvestasi ke Provinsi Aceh, dan bantu menarik lebih banyak wisatawan dari Tiongkok berkunjung ke Kampung Persahabatan.

 

Dubes Xie Feng mendatangi salah seorang warga desa, meninjau jalan, sekolah dan berbagai fasilitas umum lainnya.

Kampung Persahabatan Tiongkok-Indonesia pun bisa dijadikan sebagai lambang persahabatan antara rakyat Tiongkok dan rakyat Indonesia.

Sementara itu Kepala Desa Muhammad Dauh menyampaikan rasa terima kasih kepada rakyat dan pemerintah China atas dukungan dan perhatiannya yang tak pernah berhenti.

Muhammad menceritakan bahwa setelah tsunami terjadi pada akhir tahun 2004, Tim SAR dari China segera datang ke Aceh untuk ikut mencari, menyelamatkan dan mengevaluasi korban setempat.

 

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.