Sukses

Singapore Airlines Terbakar Setelah Mendarat Darurat di Changi

Pesawat Singapore Airlines (SIA) dengan rute Singapura menuju Milan, Italia terpaksa kembali ke landasan akibat mengalami kegagalan mesin.

Liputan6.com, Singapura - Pesawat Singapore Airlines (SIA) dengan rute Singapura menuju Milan, Italia, terpaksa kembali ke landasan akibat mengalami kegagalan mesin.

Kapal terbang tersebut kemudian terbakar setelah melakukan pendaratan darurat di Bandara Changi, Singapura, pada Senin (27/6/2016) pagi.

Meski tak dilaporkan adanya korban jiwa maupun luka, penumpang yang memesan penerbangan pada dinihari terpaksa menghadapi penundaan. Sementara, Runway 2, di mana pesawat mendarat masih ditutup.

Seperti dikutip dari Strait Times, Singapore Airlines dengan nomor penerbangan SQ368 membawa 222 penumpang dan 19 awak. Pesawat tersebut terbang dari Terminal 3 Bandara Changi menuju Milan, Italia pada pukul 02.05.

Tiga jam kemudian, pesawat jenis Boeing 777-300ER memutar arah, kembali ke Changi setelah pilot mengetahui adanya masalah pada mesin.

Salah satu penumpang, Lee Bee Yee (43) mengaku mencium bau samar, mirip bensin, setelah pesawat mengudara sekitar dua atau tiga jam.

"Pilot menginformasikan pada kami bahwa ada kebocoran dan pesawat harus kembali ke Bandara Changi karena tak punya cukup bahan bakar untuk melanjutkan perjalanan," kata dia.

Lee menambahkan, pesawat mendarat kembali di Bandara Changi sekitar pukul 06.45 waktu setempat. Tak lama setelah mendarat, sayap kanan pesawat itu terbakar.

"Kebakaran itu cukup besar. Kami menunggu sekitar dua sampai tiga menit sebelum pemadam kebakaran tiba," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.