Sukses

Gunung 'Gerbang Menuju Neraka' Islandia Bakal Meletus?

Hekla, gunung berapi di Islandia, yang dijuluki 'Gerbang Menuju Neraka' memperlihatkan tekanan yang meningkat tajam.

Liputan6.com, Reykjavik - Para ilmuwan mengkhawatirkan bahwa Hekla, gunung berapi di Islandia, akan mengalami erupsi besar setelah tekanan di dalam gunung tersebut naik secara tajam. Hekla yang terletak di selatan negara tersebut telah tertidur selama 16 tahun.

"Hekla merupakan gunung berapi yang berbahaya. Kita dapat melihat bencana besar ketika letusan itu terjadi jika kita tak berhati-hati," ujar profesor di University of Iceland, Páll Einarsson.

Einarsson telah mempelajari pergerakan Hekla dan menduga bahwa gunung berapi yang juga dikenal sebagai 'Gateway to Hell' atau 'Gerbang Menuju Neraka' itu, akan meletus dalam waktu dekat. Demikian seperti dikutip dari Mirror, Minggu (26/6/2016).

Berdasarkan data, tekanan di dalam gunung berapi tersebut lebih tinggi dibanding pada tahun 2000, di mana erupsi terakhir terjadi.

Gunung berapi di dekatnya, Eyjafjallajökull, mengalami erupsi pada 2010 dan menyemburkan abu vulkanik ke seluruh eropa dan menyebabkan sejumlah penerbangan terganggu.

Erupsi Gunung Eyjafjallajökull di Islandia (Martin Rietze)

"Hekla telah menjadi destinasi wisata favorit bagi turis. Sekarang, terdapat beberapa kelompok turis yang mengunjungi Hekla hampir setiap musim panas," tutur Einarsson kepada

"Juga terdapat 20 hingga 30 pesawat penuh penumpang terbang di atas Hekla setiap hari," imbuhnya.

Islandia dikenal sebagai negara yang memiliki gunung berapi paling aktif. Sejauh ini, terdapat 130 gunung berapi di mana 30 di antaranya tergolong aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.