Sukses

Covao do Conchos, Pusaran Air yang Mirip Portal ke 'Dunia Lain'

Penampakan Covao do Conchos kerap diperbandingkan dengan monster laut dalam Odyssey karya Homer.

Liputan6.com, Lisbon - Pusaran air memesona ini dikenal sebagai Covao do Conchos. Banyak orang menyamakannya dengan portal menuju 'dunia lain' di bawah air.

Sudah 60 tahun Covao do Conchos berada di tengah perairan tenang, yang dikelilingi pegunungan Serra de Estrela di Portugal.
 


Baru-baru ini, muncul video drone yang merekam penampakannya, yang kerap diperbandingkan dengan monster laut dalam Odyssey karya Homer.

Namun, siapapun yang mengharapkan kisah mistis dan misterius dari Covao do Conchos dipastikan bakal gigit jari. Apalagi bagi mereka yang sedang mencari portal ke dunia lain.

Covao do Conchos adalah buatan manusia. Ia menjadi bagian dari sistem bendungan, untuk pembangkit listrik tenaga air (hydro-electric),  yang dibangun pada 1955.

Covao do Conchos  berada di tengah perairan yang tenang, yang dikelilingi pegunungan Serra de Estrela di Portugal (Probilder)

 

Lubang berdiameter 1.500 meter tersebut berfungsi sebagai corong air yang mengalirkan air dari danau ke bendungan Lagoa Comprida di Flores Island.

Pusaran air memesona ini dikenal sebagai Covao do Conchos (www.cienporciencurioso.com)

Namun, dengan bentuknya yang unik, ditutupi lumut dan dedaunan yang tumbuh di mulut terowongan, sah-sah saja jika orang mengira, itu terbentuk secara alami.

Covao do Conchos kerap diperbandingkan dengan monster laut dalam Odyssey karya Homer (turismo.ig.com.br)


"Meski posisinya yang terpencil dan jarang diketahui banyak orang, Covao do Conchos menjadi lokasi yang wajib dikunjungi para petualang yang menjelajahi pegunungan Serra de Estrela," demikian seperti dikutip dari News.com.au, Sabtu (25/6/2016).

Saksikan video Covao do Conchos yang unik:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.