Sukses

22-6-2001: Film Fenomenal Fast and Furious Dirilis di AS

Film garapan Rob Cohen tersebut mendapatkan kritik keras dan tanggapan yang tidak mengenakkan dari beberapa kalangan.

Liputan6.com, Los Angeles - Tepat pada hari ini pada tahun 2001, film layar lebar bertajuk drama kriminal dunia balapan liar di California Selatan, The Fast and Furious, resmi diriliris di seluruh AS.

Film yang dibintangi oleh Vin Diesel dan Paul Walker tersebut, menceritakan tentang seorang anggota polisi, Brian O'Connor (Paul Walker), yang mengejar sekelompok pembalap yang membajak truk berisi perlengkapan mobil balap.

Demi memecahkan kasus tersebut, Brian memilih untuk menyamar menjadi seorang pembalap liar, dan memacu kecepatan mobil Mitsubishi Eclipse 1995, setiap malam. Suatu malam, dia dipertemukan dengan ketua kelompok yang selama ini diincar, Dominic Toretto (Vin Diesel).

Balapan antara Brian dan Dominic pun tidak terelakkan. Dengan menggunakan  mobil Mazda Rx-7 Twin Turbo-nya, Dom, panggilan Dominic, memenangkan pertandingan tersebut.

Masalah yang sebenarnya pun terungkap, setelah Brian mengetahui apa yang sedang dihadapi oleh kelompok pembajak tersebut.

The Fast and the Furious merupakan film yang terinspirasi dari sebuah artikel mengenai balapan liar, 'Racer X', yang ditulis oleh Kanneth Li dan dipublikasikan di majalah pada tahun 1998.

Balapan liar, dimulai sejak tahun 1990-an, dilaksanakan di jalan raya dan jalan layang di California Selatan. Peserta kegiatan ilegal tersebut biasanya adalah kelompok anak-anak muda Asia -- belakangan mulai menyebar -- yang memodifikasi kendaraan roda empat mereka agar mencapai kecepatan melebihi 160 mph.

Seperti dikutip dari History.com, Rabu (22/6/2016) film garapan Rob Cohen tersebut mendapatkan kritik keras dan tanggapan yang tidak mengenakkan dari beberapa kalangan. Walaupun begitu, film layar lebar tersebut tetap populer, dan bahkan masuk dalam kategori 'box office'.

Setelah sukses dengan 'The Fast and Furious' pada tahun 2001, muncul 6 sekuel yang diperankan oleh pemeran utama yang sama, pada tahun-tahun berikutnya.

'2 Fast 2 Furious' dirilis pada tahun 2003, 'Fast adab Furius: Tokyo Drift' pada tahun 2006, 'Fast and Furious' tahun 2009, dan yang terakhir, 'Fast and Furius 7' pada thaun 2015. Salah seorang aktor utama dalam film tersebut, Paul Walker, meninggal dalam kecelakaan mobil, setelah menyelesaikan sekuel film terakhirnya. 

Sementara, pada hari ini, tahun 2011 , setelah 16 tahun dalam pelarian dari penegakan hukum , James " Whitey " Bulger , seorang bos mafia Boston, buronan karena 19 kasus pembunuhan , ditangkap di Santa Monica , California.

Pada 22 Juni 1962 , sebuah maskapai penerbangan, Air France Boeing 707 mengalami kecelakaan di pulau Guadeloupe -- kepulauan di Amerika Utara --  menewaskan 113 penumpang dan awak kapal .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.