Sukses

10 'Fenomena Aneh' yang Dikaitkan dengan Terjadinya Bencana Besar

Liputan6.com, Jakarta - Bencana alam atau tragedi selalu menyisakan banyak kisah, baik yang memilukan dan mengharukan. Tak jarang beberapa cerita misterius pun turut menyertainya.

Beberapa laporan dari saksi mata mengenai penampakan aneh atau fenomena misterius sebelum dan sesudah terjadinya bencana tersebar di berbagai media.

Ada beberapa laporan yang menyebutkan adanya penampakan roh, cahaya aneh di langit, UFO, bahkan makhluk misterius.

Sebelum Gunung Merapi meletus hebat pada 2010, juga dilaporkan penampakan awan aneh di atas gunung itu.

Awan putih membentuk sosok berhidung panjang, mirip tokoh punakawan, Petruk.

Walaupun sejumlah orang tak percaya begitu saja, namun beberapa lainnya justru sangat tertarik untuk menyimak fenomena aneh tersebut.

Dikutip dari Listverse, Senin (20/6/2016), berikut 10 laporan mengenai peristiwa aneh yang terjadi sebelum dan sesudah bencana besar terjadi.

1. Iblis pada Gempa Christchurch?

Ilustrasi (iStock)

Pada Sepember 2010 dan Februari 2011, Christchurch dan Canterburry di Selandia Baru diguncang dua gempa berkekuatan besar. Ratusan orang meninggal akibat peristiwa tersebut dan kerusakan bangunan maupun infrastruktur terjadi di mana-mana.

Paranormal asal Chirstchurch mengaku telah melihat penampakan setelah insiden tragis itu terjadi. Pendiri grup tersebut, Anton Heyrick, berteori bahwa gempa bumi itu bertanggungjawab atas lepasnya roh yang kembali ke dunia.

Salah satu kasus paling terkenal adalah kisah pasangan suami istri, Allan Bennetts dan Sandra.

Beberapa hari sebelum gempa terjadi, Bennetts mengklaim telah kedatangan seorang pria berpakaian hitam yang menggunakan kacamata gelap.

Pria tersebut kemudian menyerahkan foto hitam putih rumah yang ditempatinya saat tahun 1930. Karena dianggap mengganggu, Allan kemudian menyobek foto tersebut beberapa hari kemudian.

Setelah gempa bumi menggoncang Christchurch, Allan mengaku suasana rumahnya menjadi berubah dan terdapat 'sosok' yang hadir di rumahnya. Ia pun mulai melihat jejak kaki dan merasa didorong oleh kekuatan tak terlihat.

Menurut investigasi Heyrick, terdapat makhluk jahat yang hadir di rumah Allan. Namun misteri tentang foto hitam putih tersebut hingga kini masih menjadi misteri. Entah benar atau salah.

2. Burung Hitam dan Tragedi Chernobyl (1986)

Ilustrasi Birdman (Mostlymade)

Tragedi Chernobyl yang terjadi pada April 1986 merupakan bencana reaktor nuklir terbesar yang pernah terjadi hingga saat ini.

Beberapa hari sebelum peristiwa itu terjadi, banyak pekerja pembangkit listrik tenaga nuklir dan warga mengaku melihat makhluk mirip burung dengan mata merah terbang di atas kota Pripyat.

Tak hanya itu, banyak orang mengaku menerima panggilan telepon misterius. Beberapa warga juga berkata, mereka tiba-tiba mengalami mimpi buruk sebelum tragedi itu terjadi.

Pemadam kebakaran yang berusaha memadamkan ledakan juga dilaporkan melihat makhluk bersayap terbang di antara asap. Selain itu, benda berbentuk silinder juga terlihat di langit beberapa jam setelah ledakan.

Makhluk tersebut kemudan dikenal dengan Birdman of Pripyat atau Burung Hitam Chernobyl. Namun orang-orang yang berpikiran skeptis menyangkal hal tersebut dan mengatakan makhluk itu hanyalah burung besar.

1 dari 3 halaman

Penampakan Makhluk Misterius dan 'UFO'

3. Manusia Ngengat dan Ambruknya Jembatan Silver (1967)

Ilustrasi Mothman (Tim Bertelink)

Serupa dengan peristiwa aneh yang terjadi di Chernobyl, sebelum Jembatan Silver yang berlokasi di West Virginia ambruk pada 15 Desember 1967 , beberapa orang mengaku telah melihat Mothman atau manusia ngengat terbang di atas lokasi tersebut.

Setelah insiden itu, manusia ngengat menghilang dari langit dan tak pernah muncul secara terang-terangan lagi. Meski tak diketahui juga makhluk apakah sebenarnya itu.

Tak hanya itu, sebelum peristiwa yang merenggut 46 nyawa itu terjadi, beberapa orang juga menerima telepon misterius dan mengalami mimpi buruk, layaknya bencana di Chernobyl.

4. UFO dan Humanoid Setelah Gempa Chile (2010)

Ilustrasi humanoid dan UFO (iStock)

Malam hari setelah gempa besar di Chili terjadi pada 2010, tak kurang dari 16 penampakan UFO dilaporkan oleh warga. Orang yang mengecap dirinya sebagai peneliti UFO, Rodrigo Fuenzalida, menghabiskan waktu untuk menyelidiki klaim tersebut.

Seorang pasangan dikabarkan menolak untuk tinggal di apartemennya pada malam itu dan lebih memilih menyaksikan objek seterang Bulan melayang dekat gedung. Beberapa orang juga mengaku melihat hal serupa.

Di Iquique beberapa orang mengaku melihat manusia bercahaya. Seorang perempuan juga mengklaim melihat humanoid -- sosok mirip manusia -- dengan tinggi 2,5 meter pada pagi hari gempa besar itu terjadi.

5. Penampakan 'UFO' Sebelum dan Setelah Tsunami Jepang (2011)

Keadaan setelah Tsunami Jepang pada tahun 2011 (Chief Hira)

Setelah beberapa hari gempa besar yang diikuti tsunami di Jepang terjadi pada 2011, terdapat laporan dari beberapa warga yang mengaku melihat UFO dan benda-benda dengan bentuk tak lazim lainnya.

Objek berbentuk silinder dapat terlihat dengan jelas melayang di atas pembangkit nuklir Fukushima sesaat sebelum kejadian. Beberapa minggu sebelum bencana itu terjadi, 4 objek aneh dilaporkan terbang di Bandara Haneda.

Beberapa orang pun mengklaim memiliki bukti keberadaan 'UFO', baik berupa gambar maupun video.

6. Runtuhnya Tambang Freiburg Shrieker Jerman (1978)

Ilustrasi (iStock)

Menurut kabar yang beredar, para pekerja tak dapat masuk ke dalam tambang karena pintu utamanya terhalang oleh makhluk hitam bersayap yang tampak mengenakan jubah di seluruh tubuhnya.

Penambang itu kemudian mulai mendekati makhluk tersebut, namun akhirnya menyingkir setelah sosok misterius mengeluarkan suara yang serupa dengan teriakan 50 orang.

Para pekerja itu akhirnya menunggu sekitar satu jam karena kebingungan. Tak lama kemudian, mereka mendengar suara ledakan dari dalam tambang yang ternyata runtuh.

Jika mereka tetap pergi ke tambang layaknya hari biasa, kemungkinan mereka akan tewas.

2 dari 3 halaman

Teori Konspirasi dan Suara Aneh

7. Tsunami Aceh Hasil Rekayasa? (2004)

Gempa dan tsunami Aceh 2004 (Mirror)

Gempa bumi berkekuatan 9 SR yang terjadi di Aceh dan daerah pesisirs epanjang Samudra Hindia, menjadi bencana terbesar selama 40 tahun yang merenggut sekitar 300 ribu nyawa.

Beberapa orang kemudian berteori bahwa gempa bumi itu tak terjadi secara alami, namun terjadi akibat dari uji coba yang dilakukan di bawah laut.

Peneliti Australia Joe Vialls mengatakan, hal tersebut dapat dengan mudah terjadi akibat ledakan bawah laut. Profesor asal Kanada, Michel Chossudovsky, juga mengemukakan bahwa sebenarnya AS sepenuhnya menyadari akan terjadi gelombang tersebut dan telah mengeluarkan peringatan di basisnya di Diego Garcia.

Sebelum tragedi tersebut terjadi, beberapa orang mengklaim melihat penampakan UFO. Sejumlah nelayan juga melaporkan bahwa sinyal radio mereka tiba-tiba menghilang ketika sedang melaut.

8. Cahaya dan Objek Aneh Sebelum Terjadi Tornado di Oklahoma (2013)

Ilustrasi (iStock)

Pada 20 Mei 2013, tornado seluas 3,2 kilometer yang menerjang Oklahoma menyebabkan 91 orang meninggal dan memporak-porandakan bangunan serta infrastruktur.

Sekitar 48 jam sebelum peristiwa itu terjadi, terdapat beberapa laporan yang mengklaim telah melihat objek dan cahaya aneh di langit Moore, Oklahoma. Beberapa saksi mata bahkan mengaku melihat UFO terbang perlahan.

Walaupun banyak yang tak percaya akan kaitan dua hal tersebut, sejumlah pengamat UFO mengatakan bahwa peristiwa itu bukan suatu kebetulan dan menganggap hal itu merupakan suatu pertingatan.

9. Makhluk Bersayap Sebelum Jembatan I-35W Ambruk (2007)

Ambruknya Jembatan I-35W (Mike Wills)

Pada 2007 sebuah jembatan bernama I-35W yang berlokasi di Minnesota ambruk dan menyebabkan 13 orang meninggal dan 100 lainnya terluka. Sebelum peristiwa tersebut terjadi, beberapa orang mengklaim melihat makhluk yang sama pada 40 tahun lalu, yakni ketika Jemabatan Silver roboh.

Beberapa hari setelah peristiwa itu terjadi, Coast To Coast radio menerima sejumlah telepon yang mengklaim telah melihat makhluk bersayap beberapa minggu sebelum kejadian.

Seorang penelepon bahkan mengaku melihat makhluk mirip Bigfoot sedang memegang tongkat besar, sementara lainnya mengklaim menyaksikan sosok dengan sayap selebar mobil. Mereka mengaku melihat penampakan tersebut pada Juni, satu bulan sebelum jembatan itu ambruk.

10. Suara dan Fenomena Aneh Sebelum Badai Katrina dan Sandy

Ilustrasi (iStock)

Badai Katrina (2005) dan Sandy (2012) merupakan bencana yang menimbulkan banyak korban dan menyebabkan kerusakan besar.

Sebelum Badai Sandy terjadi, banyak orang mengaku melihat cahaya aneh di langit, salah satunya berupa kilatan berwarna hijau di langit. Tak hanya itu, terdapat beberapa laporan yang mengatakan terdapat suara aneh.

Hal tersebut pun menimbulkan spekulasi bahwa sebenarnya pemerintah sedang melakukan modifikasi cuaca.

Penampakan serupa juga terjadi sebelum badai Katrina terjadi. Terdapat beberapa orang mengklaim telah melihat UFO di pantai Louisiana. Beberapa hari setelah kejadian, objek berbentuk silinder terlihat melayang di atas tempat yang rusak akibat bencana.

Artikel Selanjutnya
10 Misteri Terbesar Dunia yang Belum Terpecahkan
Artikel Selanjutnya
5 Kisah Hantu dan Legenda Mistis Perang Dunia