Sukses

Meski Diguyur Hujan, Ribuan Warga Jakarta Rayakan Hari Yoga Dunia

Perayaan hari yoga dunia berlangsung meriah dengan dihadiri ribuan orang meski di tengah hujan yang mengguyur wilayah ibu kota.

Liputan6.com, Jakarta - Kedutaan Besar India di Jakarta sukses menggelar acara yoga bersama. Event yang diselenggarakan untuk memperingati hari yoga dunia itu dipadati oleh ribuan peserta.

Hujan yang turun sejak dini hari tidak menyurutkan tekad ribuan orang untuk berpartisipasi dalam acara yoga bersama yang digelar di Plasa Selatan, Gelora Bung Karno, Jakarta. Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, Nengcha Lhouvum Mukhopadhaya juga terlibat dalam kegiatan ini.

Ditemui usai mengikuti yoga, Dubes Nengcha pun menjelaskan perihal acara ini. Ia mengatakan, yoga bersama adalah bagian dari aktivitas global yang digelar di seluruh dunia.

"Event ini adalah bagian dari resolusi PBB untuk mendeklarasikan setiap 21 Juni sebagai hari yoga dunia. Jadi ini gerakan yang didukung oleh seluruh negara, termasuk Indonesia. Yoga bersama juga didukung oleh kedutaan besar India di seluruh dunia. Kami melakukannya sebagai bagian aktivitas internasional," ujar Dubes Nengcha di Plasa Selatan, Gelora Bung Karno, Jakarta, (18/6/2016).

Suasana yoga bersama di Plasa Selatan, Gelora Bung Karno (liputan6/Khairisa Ferida)

Ketika ditanya berapa banyak peserta yang menghadiri kegiatan yoga bersama tersebut, Dubes Nengcha mengatakan jumlahnya mencapai lebih dari 1.000 peserta.

"Kami menghitung jumlah peserta dari berapa banyak kaus dan matras yang habis. Informasi yang saya dapat semuanya sudah habis, jadi mungkin lebih dari 1.000 orang. Ini sesuai ekspektasi kami, jumlah yang cukup besar mengingat cuaca yang sedang hujan," jelas dubes yang menjabat sejak awal 2016 itu.

"Pesan yang ingin disampaikan dari kegiatan ini adalah kedamaian. Harmoni fisik, mental, dan emosional bagi seluruh alam semesta," ungkap Nengcha.

Lebih lanjut ia menguraikan, event ini telah dipersiapkan sejak tiga bulan lalu. Selain digelar di Jakarta, kegiatan yoga bersama juga akan digelar di Bali pada 19 Juni, Medan 26 Juni, dan Yogyakarta pada 26 Juni 2016.

"Event ini telah dipersiapkan sejak tiga bulan lalu dan didukung oleh berbagai pihak. Ada banyak pejabat senior dari jajaran Kementerian Luar Negeri, kedutaan, dan kementerian lainnya yang mendukung terlaksananya acara ini," imbuhnya.

Terdapat empat orang instruktur yang memimpin kegiatan yoga bersama di Plasa Selatan, Gelora Bung Karno (liputan6/Khairisa Ferida)

Sementara itu, Duta Besar Hungaria, Judit Nemeth-Pach juga hadir sebagai salah satu peserta dalam acara yoga bersama itu. Ia mengaku rutin melakukan yoga setiap pagi.

"Saya sangat senang berada di sini dan menyakini yoga adalah jalan terbaik untuk merelaksasi tubuh dari stres, melakukan beberapa gerakan yang memberi kekuatan. Saya berlatih yoga setiap pagi," ujar Judit.

"Yoga adalah formula yang mengombinasi jiwa dengan tubuh saya karena melatih meditasi dan konsentrasi, tidak hanya bagi fisik namun juga mental. Saya sudah 8 tahun melakukan yoga. Event ini sangat bagus, saya melihat antusias yang besar dari warga Jakarta meski di tengah cuaca hujan. Terima kasih Kedubes India untuk menyelenggarakan kegiatan penting ini," imbuhnya.

Sementara itu, senada dengan Dubes Nengcha, Wakil Duta Besar India untuk Indonesia, Manish juga menyambut baik partisipasi masyarakat Jakarta yang ia sebut sangat dahsyat. "Terima kasih kepada warga Jakarta tetap hadir di acara ini di meski di tengah cuaca hujan untuk menikmati perayaan hari yoga dunia. Menurut saya, ini sangat dahsyat," ungkapnya.

"Semoga event ini dapat menyampaikan pesan bahwa yoga baik bagi kesehatan dan kebahagiaan. Saya melakukan yoga setiap hari, itu sangat membantu merileksasikan tubuh dan pikiran saya setelah beraktivitas seharian," imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.