Sukses

Pemandu Mabuk, 70 Turis Tersesat di Pengunungan Alpen

Gara-gara pemandu lokal mabuk, puluhan turis asal Hungaria tersesat di Pengunungan Alpen.

Liputan6.com, Wina - Sekitar 60 orang yang terdampar di Pengunungan Alpen, Austria berhasil diselamatkan setelah seorang pemandu lokal yang diduga mabuk meninggalkan mereka. Pria lokal itu tiba-tiba saja turun gunung seorang diri.

Panggilan darurat pun dilakukan ke Gunung Rax untuk menyelamatkan 60 turis Hungaria itu mengingat cuaca buruk yang akan datang.

Pria yang menelepon pihak berwenang itu mengatakan, ia dan putrinya tersesat setelah pemandu lokal mereka mabuk sejak berangkat pada Sabtu pukul 15.00 waktu setempat. Demikian seperti dilansir Independent, Kamis (16/6/2016).

Ketika mereka berhasil diselamatkan oleh 12 orang tim penyelamat gunung, pemandu lokal itu pun ditemukan. Pemandu itu tidak dapat menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.

Namun pria lokal itu membantah tudingan bahwa ia mabuk. Ia mengaku tidak membawa minuman beralkohol selama memandu perjalanan ke Pengunungan Alpen.

Polisi mengatakan, pemandu tidak akan menghadapi tuntutan apapun mengingat tidak ada yang terluka dalam peristiwa tersebut.

"Orang lokal itu tidak profesional dan ia bukan pemandu yang terlatih," ujar seorang ahli gunung, Kronen Zeitung yang bekerja dengan pihak kepolisian Austria.

Pada hari yang sama di waktu yang berbeda, sebuah helikopter penyelamat mengudara untuk mengevakuasi seorang perempuan Jerman berusia 53 tahun. Ia terdampar di sebuah gunung di Styria dan dilaporkan pingsan karena kelelahan.

Perempuan paro baya itu telah melakukan perjalanan sepanjang 11 jam bersama suaminya. Ketika hampir mencapai lokasi tujuan mereka, perempuan itu mengeluh lemas.

Ia pun segera diterbangkan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.