Sukses

Terungkap, 10 Fakta Menarik Pesulap Legendaris Houdini

Selain sebagai pesulap dan ilusionis ternama, ternyata ada 10 fakta yang menarik tentang Harry Houdini. Apa saja?

Liputan6.com, London - Sebagai pesulap, nama Harry Houdini dikenal melalui sejumlah pertunjukannya pada 1899. Pria kelahiran 1874 di Budapest, Hungaria ini hampir selalu berhasil menakjubkan penonton.

Sebut saja aksi menyiasati maut semisal 'Milk Can Escape' dan 'Chinese Water Torture Cell'. Tak berlebihan, bila Houdini dikenang sebagai salah satu pesulap hebat di abad 20.

Dikutip dari The Vintage News pada Rabu (15/6/2016), kepiawaian dan gaya panggung pria itu disebut tak ada bandingnya, membuat namanya tercantum di dalam sejumlah kamus sebagai sinonim (persamaan arti) untuk menjelaskan suatu pelarian yang cerdas.

Berikut ini adalah 10 fakta sang pesulap yang menarik untuk diketahui:

1. Erik Weisz

Harry Houdini terlahir dengan nama Erik Weisz. Saat berusia 4 tahun, keluarganya hijrah ke Wisconsin dan namanya berganti menjadi Ehrich Weiss. Ia dipangiil Ehrie (atau Harry).

Sejak kecil, ia tertarik dengan sulap, terutama karya pesulap Prancis terkenal bernama Jean-Eugène Robert-Houdin. Di awal karirnya, Ehrich menghormati pahlawannya dengan menambahkan huruf 'i' pada nama Houdin. Ia pun menciptakan nama panggungnya, 'Harry Houdini'.

Erich Weiss sebagai anggota Past Time Athletic Club dan pamer kekuatan dalam rantai. Selain sebagai pesulap dan ilusionis ternama, ternyata ada 10 fakta yang menarik tentang Harry Houdini.(Sumber The Vintage News)

Walau demikian, Houdini belakangan mencurigai idolanya mencuri ilusi pesulap lain. Pada 1908 Houdini bahkan menulis sebuah buku berjudul 'The Unmasking of Robert-Houdin' yang isinya mengulas tentang hal itu. Dalam bukunya, ia menyebut pujaannya sebagai penipu 'yang mengambil keuntungan dari buah pikiran orang lain'.

2. King of Handcuffs

Setelah berjuang meraih ketenaran, Houdini akhirnya terkenal sebagai 'King of Handcuffs'. Hingga 1899, Houdini membuka sekolah sulap dan berusaha keras membesarkan bisnisnya itu. Ia mendapat banyak masukan dari Martin Beck.

Berdasarkan nasehat Beck, Houdini menjadikan pelarian sebagai pusat aksinya. Houdini menantang para penonton untuk mengikat atau memborgolnya. Ia melakukan promosi pertunjukannnya dengan sandiwara melarikan diri dari penjara setempat yang mengharuskannya diperiksa ketat dan dikekang oleh polisi. 

Pertunjukannya laku keras di seluruh Eropa. Ketenarannya dipertegas setelah ia melakukan pelarian terkenal di AS, misalnya ketika ia melompat ke sungai di Rochester di New York dengan tangan yang terikat di belakang tubuh. Dalam aksi lainnya, ia keluar dari sel penjara yang pernah dipakai mengurung Charles Guiteau, sang pembunuh presiden James A. Garfield.

3. Keluarga pesulap

Sulap sepertinya sudah mengalir dalam darah keluarga Houdini. Saudara lelakinya pun dikenal sebagai seorang pesulap yang sukses.

Setelah mapan di Eropa di awal 1900-an, Houdini membawa serta adik lelakinya, Theo. Di awal karirnya, mereka menjadi rekanan. Suatu ketika ia mulai mempertontonkan pertunjukan solo sang adik yang dikenal dengan nama panggung 'Hardeen'.

Untunglah, persaingan itu hanya rekaan dan malah menambah ketenaran mereka. Hardeen belakangan menyebutkan, "Kami tidak menutupi bahwa kami ini saudara. Tapi kami merahasiakan fakta bahwa kami adalah teman baik dan Harry membawa saya ke bisnis ini."

Walaupun sangat dibayangi oleh saudaranya yang terkenal, Hardeen sekarang ini dirujuk sebagai pelopor aksi pelarian dari jaket ketat di hadapan pemirsa, yang kemudian ditiru menjadi salah satu tampilan rutin Houdini. Setelah kematian Houdini, Hardeen mewarisi peralatan panggung milik Houdini.

4. Monster laut

Salah satu aksi paling hebat dalam karir Houdini adalah ketika ia melarikan diri dari perut 'monster laut' seberat 680 kg. Aksi itu dilakukannya pada September 1911 setelah sekelompok pengusaha menantangnya.

Monster laut itu disebut-sebut hanyut ke pelabuhan, walaupun para ahli sejarah masih belum memastikan mahluk yang disebut monster tersebut, entah paus atau kura-kura raksasa.

Houdini menerima tantangan dan membiarkan dirinya diborgol, kakinya di kekang, dan disisipkan dalam bangkai yang ditenggelamkan sambil ditonton ribuan orang. Monster itu sendiri dikelilingi rantai dan ditempatkan di belakang tirai.

Sekitar 15 menit kemudian, Houdini tampil dengan penuh kemenangan. Ia mengaku bahwa ia hampir sesak karena bau bahan kimia yang dipakai untuk mengawetkan monster laut tersebut.

5. Pelopor penerbangan

Harry Houdini bukan hanya seorang pesulap, ia juga menyukai dunia penerbangan. Kali pertama ia tertarik dengan pesawat ketika berada di Eropa pada 1909.

Ia kemudian membeli pesawat sayap ganda Voisin buatan Prancis dan menjadi salah satu pilot swasta pertama dunia. Sayangnya, ia mengalami kecelakaan dalam penerbangan perdana di Jerman. Tapi hal itu tidak membuatnya jera.

Selain sebagai pesulap, Houdini juga seorang pelopor dalam dunia penerbangan. Selain sebagai pesulap dan ilusionis ternama, ternyata ada 10 fakta yang menarik tentang Harry Houdini.(Sumber Talisman Coins)

Setelah berlatih dengan tekun, Houdini membidik menjadi pilot pesawat terbang pertama di Australia. Pada Maret 1910, dalam suatu perjalanan, Houdini mengemudikan Voisin miliknya dan melakukan 3 kali penerbangan yang sukses di dekat Melbourne, masing-masing hanya berlangsung beberapa menit.

Saat itu, Aerial League of Australia memberi sertifikasi kepada Houdini sebagai pilot penerbangan bermesin dan berkendali pertama.

Namun demikian, sejumlah ahli sejarah mempertanyakannya dan menyebut rekor itu sebagai milik Colin Defries. Defries adalah seorang warga Inggris yang beberapa bulan sebelumnya juga melakukan penerbangan singkat. Pada 2010, Houdini dan Defries sama-sama dihormati dalam rangkaian perangko mengenang seratus tahun penerbangan bermesin di Australia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patriot Amerika Hingga Seorang Pecinta Lintas Dunia

6. Patriot Amerika

Walaupun lahir di Hungaria, ia membantu pihak Amerika dalam Perang Dunia I. Karena lama tinggal di AS, ia menjadi patriot yang kokoh dan mendukung keterlibatan AS dalam perang. Houdini meyakinkan Society of American Magicians untuk menandatangani sumpah kesetiaan kepada Presiden Woodrow Wilson.

Ia bahkan membatalkan perjalanan agar bisa mengabdi dengan menghibur para prajurit dan menggalang dana untuk  perang.

Bukan hanya itu, ia mengajarkan sejumlah trik sulapnya dengan menjadi instruksi khusus bagi para prajurit AS. Sebagai contoh, ia mengajar kelas di Hippodrome di New York yang melatih para prajurit cara meloloskan diri dari kapal yang tenggelam dan membebaskan diri dari tali, borgol, atau alat pengikat lain sekiranya ditangkap oleh pasukan Jerman.

Houdini membantu melatih tentara AS untuk membebaskan diri dari ikatan. Selain sebagai pesulap dan ilusionis ternama, ternyata ada 10 fakta yang menarik tentang Harry Houdini.(Sumber The Vintage News)

7. Karir dunia film

Houdini juga memiliki karir singkat dalam dunia film. Pengalamannya dimulai pada 1919 melalui film 'The Master Mystery', suatu rangkaian petualangan yang memberi peran kepadanya sebagai agen rahasia dengan ketrampilan meloloskan diri guna menggulung rencana kejahatan.

Seri ini menjadi kegemaran dan sekarang dikenang sebagai film pertama yang menampilkan tokoh robot.

Ia memainkan peran dalam dua film sesudahnya hingga akhirnya ia mendirikan studio sendiri, The Houdini Picture Corporation. Perusahaan itu sempat membuat 2 film, yaitu 'The Man from Beyond' dan 'Haldane of the Secret Service'. Namun sayangnya kurang diminati.

Para kritikus mencela penampilan Houdini dan setelah kehilangan banyak uang dalam bisnis itu, ia diam-diam meninggalkan bisnis film pada 1923.

8. Menjadi skeptis profesional

Walaupun terkenal sebagai pesulap dan jago ilusi terbesar dunia, Houdini gigih menghadapi sihir dan hal-hal supernatural. Ia tidak sungkan membantah orang yang mengaku memiliki kemampuan supernatural.

Sejak 1920-an, Houdini memulai karir ke dua sebagai skeptik profesional dan pembongkar sihir, pembaca pikiran, medium, dan dukun spiritualis lainnya, terutama mereka yang mengaku dapat menghubungi arwah.

Pesulap itu tidak kenal lelah. Sesekali ia menyamar mengunjungi dukun-dukun pemanggil arwah guna menguak tipuan pemimpin mereka. Ia juga menawarkan hadiah $10 ribu kepada para dukun untuk menyajikan gejala fisik yang tidak dapat dijelaskan dengan masuk akal.

Tidak heran kalau tak seorang pun pernah mendapatkan hadiah itu. Ia begitu yakin sehingga, pada 1926, ia bersaksi di depan Kongres guna mendukung undang-undang yang melarang praktik 'berlagak mengetahui peruntungan demi bayaran ataupun kompensasi'.

9. Kisah kematian 

Harry Houdini meninggal pada Halloween, 31 Oktober 1926, dalam usia yang tidak terlalu muda, 52 tahun. Beberapa hari sebelumnya, ia masih bergumul dalam pertunjukan terakhir di Detroit.

Secara resmi, penyebab kematiannya adalah radang selaput perut yang disebabkan oleh meletusnya usus buntu.

Sebagaimana halnya kematian orang terkenal, sejumlah legenda tentang kematiannya beredar hingga sekarang. Salah satunya terkait dengan kejadian seusai pertunjukan di Montreal pada 22 Oktober.

Di ruang ganti pakaian, Houdini didekati oleh seorang mahasiwa yang menanyakan tentang selentingan bahwa pesulap itu tahan tonjokan keras ke otot-otot perutnya.

Setelah Houdini bercerita tentang kekuatan tubuhnya, pemuda itu menonjok perutnya tanpa pemberitahuan. Houdini tentu saja kesakitan dan mengeluhkan sakit perut seharian. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa tonjokan dadakan itu memicu radang usus buntunya.

Teori lain mengatakan bahwa Houdini diracun oleh para ahli spiritual yang sebelumnya pernah melontarkan ancaman mati kepada Houdini karena kritikan pedasnya.

10. Cinta lintas batas dunia

Cinta sejati tidak mengenal batasan. Walaupun skeptis dalam memandang dunia spiritual, Houdini bersumpah kepada Bess, istrinya, bahwa dia akan mencoba menghubunginya dari alam maut.

Ia memerintahkan istrinya untuk mendengarkan pesan tertentu, yaitu rangkaian sandi yang menyusun kalimat 'Rosabelle, believe', yang berarti, 'Rosabelle, percayalah'.

Houdini berfoto bersama ibu dan istrinya. Selain sebagai pesulap dan ilusionis ternama, ternyata ada 10 fakta yang menarik tentang Harry Houdini.(Sumber The Vintage News)

Bess Houdini menunggu sekitar satu dekade mencoba menghubungi suaminya sehingga ia akhirnya menyerah. Kata wanita itu, 'sepuluh tahun adalah penantian yang terlalu lama untuk seorang pria'. 

Sejak 1930-an, para penggemar melakukan pemanggilan arwah Houdini setiap Halloween untuk menghubungi almarhum pesulap tersebut. Bahkan ada acara 'Pemanggilan Resmi Arwah Houdini' setiap tahun yang diselenggarakan di sejumlah kota yang berbeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini