Sukses

Kala 'Pesawat Terbang' Jadul Disulap Jadi Tempat Pangkas Rambut

'Pesawat terbang' itu tadinya adalah pom bensin yang terletak di Clinton Highways di Clinton.

Liputan6.com, Clinton - Sebuah bangunan berbentuk pesawat terbang jadul menjadi ciri khas suatu kota di Tennesse, AS. Atas dasar itu, warga setempat pun mengupayakan pelestariannya agar terus terjaga.

'Pesawat terbang' itu tadinya adalah pom bensin yang terletak di Clinton Highways di Clinton. Setelah cukup lama terbengkalai, akhirnya bangunan itu disulap menjadi tempat pangkas rambut John's Barber Shop.

Dikutip dari laman WBIR pada Selasa (14/6/2016), sudah ribuan dolar dihabiskan untuk melakukan renovasi SPBU bersejarah itu. Sekarang, ada John York menjalankan bisnis di dalamnya.

"Saya selalu mengamati bangunan itu sewaktu masih anak-anak. Ketika melintas dari Knoxville ke Andersonville. Kami melewatinya dan menjadi penanda sudah hampir sampai di tujuan," ujar York yang sudah 16 tahun menjadi juru pangkas rambut.

Setelah cukup lama terbengkalai, akhirnya 'pesawat terbang' itu disulap menjadi tempat pangkas rambut. (Sumber WBIR)

Sekarang, ia membuka tempat pangkas rambut dalam 'pesawat terbang' itu. Ada sejumlah kursi model jadul untuk para pelanggan yang terletak di bagian tengah.

Peralatannya sendiri ada di bagian ekor 'pesawat'. Di paling belakang, ada susunan tempat duduk untuk teater.

"Menurut saya, asyik berada di tempat seperti ini. Inilah kesempatan sekali seumur hidup dan saya menjajal kesempatan ini."

Dua orang bersaudara juga mengambil kesempatan itu pada tahun 1930-an. Elmer dan Henry Nickel menggunakan 'pesawat terbang' itu sebagai SPBU di pinggir jalan Clinton Highway, dengan harapan menjaring para wisatawan yang lewat sepanjang jalan.

Setelah cukup lama terbengkalai, akhirnya 'pesawat terbang' itu disulap menjadi tempat pangkas rambut. (Sumber WBIR)

Setelah puluhan tahun berlalu, bangunan itu seperti terbengkalai. Karena tidak ingin kehilangan bangunan penuh kenangan itu, sejumlah warga membentuk perkumpulan Airplane Filling Station Preservation Association.

Mereka menggalang dana melalui penjualan T-shirt, mengajukan dana hibah, dan mengumpulkan sumbangan untuk membeli 'pesawat terbang' itu pada 2005.

Setelah ribuan dolar dan beberapa tahun renovasi, bangunan itu mengalami transformasi. Bagian luarnya menjadi mengilap, dilengkapi dengan baling-baling berputar yang dibuat oleh sekolah kejuruan Anderson County Career Technical School.

Setelah cukup lama terbengkalai, akhirnya 'pesawat terbang' itu disulap menjadi tempat pangkas rambut. (Sumber WBIR)

York mengatakan, "Seperti berjalan memasuki sesuatu yang tidak kita duga." Di dalamnya, York mempertahankan suasana antik.

"Bisa dibilang, setiap kali kami pergi ke toko antik atau pasar loak, kami pulang dengan membawa sesuatu."

Ia juga membawa sejumlah benda kesenangan dari tempat lamanya, misalnya sebuah mainan kendali jauh motor Harley-Davidson yang dikendarai oleh Batman.

Pengunjung memang banyak, tapi tidak selalu untuk memangkas rambut. York mengatakan, "Ada banyak wisatawan, orang yang melintas bertahun-tahun lalu dan selalu menyempatkan berhenti, lalu kemudian mendapati tempat ini sudah dibetulkan. Mereka kemudian mampir untuk melihat-lihat."

Bagi York, tempat baru ini menambah kenikmatan kerja, "Saya menyenanginya, baik kisah-kisahnya maupun orang-orangnya. Selalu ada yang baru setiap hari."

Setelah cukup lama terbengkalai, akhirnya 'pesawat terbang' itu disulap menjadi tempat pangkas rambut. (Sumber WBIR)

Ia belum kembali ke sana selama sebulan dan siap belajar lagi tentang riwayat yang belum diketahui.

"Saya kedatangan orang-orang yang pernah bekerja di sini. Ada seorang pria berusia 91 tahun yang dulunya bekerja di SPBU, ia mengatakan ada kasur di bagian ekor 'pesawat', dan mereka bangun tengah malam ketika ada orang datang membeli bensin atau mengganti oli."

Waktu telah membawa perubahan kepada pesawat terbang itu. Tidak ada lagi pompa bensin, tapi masih ada kesempatan untuk bernostalgia.

Setelah cukup lama terbengkalai, akhirnya 'pesawat terbang' itu disulap menjadi tempat pangkas rambut. (Sumber WBIR)

York membuka 'pesawat terbangnya' untuk orang yang hendak pangkas rambut ataupun hanya sekadar mengobrol. John's Barber Shop buka Senin hingga Jumat, dari pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore. Lalu pada hari Sabtu, mulai pukul 08.00 pagi hingga 16.00 sore.

Asosiasi pelestari bangunan sejauh ini masih mencari cara untuk menampilkan kembali ciri khas pesawat terbang itu. Mereka bahkan mencoba memasang pompa bensin di bagian depan sebagai penghargaan pada sejarah tempat tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.