Sukses

Top 3: Kota Berusia Ratusan Tahun Tersembunyi dalam Hutan Kamboja

Di bawah hutan Kamboja ternyata 'tersimpan' sejumlah Kota Abad Pertengahan yang usianya mencapai ratusan hingga ribuan tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah kota yang tersembunyi di bahwa hutan Kamboja mengundang rasa penasaran pembaca Liputan6.com kali ini. Temuan kota yang diperkirakan berusia antara 900 hingga 1400 tahun itu diduga menjadi kunci untuk mengungkap sejarah Asia Tenggara.

Selanjutnya, para pembaca juga menaruh minat pada artikel yang mengulas dampak pemanasan global -- ditengarai akan 'menghapus' sejumlah pulau dari peta dunia.

Peristiwa penembakan yang menewaskan penyanyi wanita Christina Grimmie  juga banyak pendapat perhatian pembaca. Mereka tertarik mengetahui lagu terakhir yang dibawakannya dalam konser sebelum ia dibunuh.

Berikut Top 3 Global Selengkapnya:

 1. Terkuak, di Bawah Hutan Kamboja Tersembunyi Kota Abad Pertengahan

Angkor Wat (Reuters)

Beberapa arkeolog di Kamboja telah menemukan sejumlah kota tersembunyi dari Abad Pertengahan tak jauh dari Kuil Angkor Wat. Penemuan tersebut diyakini menjadi salah satu kunci untuk membuka sejarah Asia Tenggara yang belum terungkap.

Arkeolog Australia, Dr Damian Evans, yang temuannya akan diterbitkan dalam Journal of Archaeological Science, akan mengumumkan penemuan sejumlah kota berusia 900 hingga 1.400 tahun di bawah hutan tropis yang menggunakan teknologi udara laser scanning.

Beberapa 'kota baru' tersebut, luasnya diyakini akan menyaingi ukuran Ibu Kota Kamboja, Phonm Penh.

Selanjutnya...

 2. Akibat Perubahan Iklim, 7 Pulau Ini Terancam 'Hilang' Selamanya

Perubahan iklim membuat terjadinya erosi pantai di kepulaun ini sehingga menyebabkan beberapa dari daratan itu tenggelam (News.com.au).

Menjelajahi kepulauan yang penuh dengan keindahan alam, pantai pasir putih, terumbu karang nan indah, dan hamparan air laut nan jernih, sering menjadi pilihan liburan bagi para pecinta laut.

Sebelum terlambat, para penggemar keindahan bawah air harus segera mengunjungi beberapa tempat di bawah ini. Karena dalam kurun waktu beberapa puluh tahun ke depan, lokasi itu tidak akan bisa dikunjungi lagi.

Dikutip dari News.com.au, Minggu (12/6/2016), akibat adanya kenaikan permukaan air laut, erosi dan polusi -- sebagai akibat perubahan iklim -- membuat tujuh pulau di dunia ini terancam tenggelam, bersama dengan hilangnya flora dan fauna liar yang ada di dalamnya.

Selanjutnya...

 3. Nyanyian Terakhir Christina Grimmie Sebelum Ditembak Usai Konser

Penyanyi AS, Christina Grimmie meninggal dunia karena ditembak usai konser (Reuters)

Konser yang digelar di The Plaza Live in Orlando, Florida pada Jumat malam 10 Juni 2016 menjadi penampilan terakhir bagi Christina Grimmie. Ia menjadi penyanyi pembuka untuk band Before You Exit.

Penyanyi berbakat lulusan kontes menyanyi The Voice tersebut ditembak saat sedang memberikan tanda tangan pada para penggemarnya, usai konser.

Karla Abel menjadi saksi kejadian mengerikan yang mengakhiri hidup penyanyi berusia 22 tahun tersebut. Kala itu, ia sedang berada di lobi.

"Saat itu semua berlangsung normal, namun beberapa menit kemudian kekacauan terjadi," kata dia kepada People, Sabtu (11/6/2016). "Aku tak pernah setakut itu dalam hidupku."

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.