Sukses

Pria Bersenjata Ditangkap Saat Menuju Parade Gay

James Wesley Howell dari Indiana ditangkap saat menuju parade gay yang digelar beberapa jam setelah penembakan Orlando.

Liputan6.com, Santa Monica - Pihak keamanan tengah menginvestigasi maksud seorang pria dari Indiana yang membawa senjata dan amunisi dalam mobilnya. Ia ditangkap dalam kendaraannya yang menuju festival parade gay di Hollywood Barat.

Awalnya, polisi Santa Monika dalam Twitternya mengatakan pemuda 20-an tahun itu berniat melakukan sesuatu di acara Gay Pride.

Namun, kemudian isi Twitternya diralat, benar bahwa polisi telah menangkap pria itu namun motif tengah diselidiki.

Polisi mengidentifikasikan pria itu bernama James Wesley Howell dari Indiana dan menyelidiki mengapa ia membawa sekantung amunisi, dan senjata. Demikian seperti dilansir dari LA Times, Senin (13/2/2016).

Namun, teman-teman Howell mengatakan, pemuda itu tak pernah punya masalah dengan kaum LGBT. Pihak keluarga pun mengatakan, anaknya tak bisa dikontak selama beberapa hari.

Kendati demikian, Howell dikenal sebagai pengoleksi senjata. Yang mengagetkan, menurut pengadilan Indiana, Howell pernah didakwa menakut-nakuti orang lain dengan senjata pada Oktober 2015.

"Ia menakut-nakuti teman prianya dengan pistol, dan tampak ingin menyakitinya," kata seorang saksi mata.

Pada April 2016, Howell mengaku bersalah atas kelakuannya itu, dan jaksa mencabut tuntutannya atas pemilikan senjata api. Ia lantas di hukum di penjara negara bagian selama 1 tahun dan kini tengah masa percobaan.

Di bawah perjanjian, Howell setuju seluruh senjatanya ditarik selama percobaan.

Parade Gay Pride rencananya digelar beberapa jam setelah penyerangan penembakan di Orlando. 50 tewas dan 53 terluka, merupakan penembakan massal paling mematikan di AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.