Sukses

Top 3: Kisah Hoax Terpopuler Sepanjang Masa

Ada 8 kisah palsu (hoax) yang paling membuat pembaca penasaran. Apa maksudnya orang menciptakan dan menyebarkan hoax?

Liputan6.com, Jakarta - Delapan kisah hoax yang menyebar lintas masa dan waktu ternyata menarik perhatian para pembaca Liputan6.com edisi Jumat (10/6/2016) pagi. Di dalamnya disertai beberapa alasan kenapa orang membuat dan menyebarkan berita dan kisah tak benar tersebut.

Berita lain yang juga banyak dicari adalah dampak pemanasan global, di mana rantai akibatnya panjang hingga ke kehidupan laut yang jauh dari manusia. Lalu cerita tentang tujuh misteri laut yang paling mencengangkan, misalnya keberadaan air terjun, danau dan sungai di bawah permukaan laut.

Berikut Top 3 Global selengkapnya:

1. 8 Berita Menggegerkan yang Ternyata Hoax

Delapan berita hoax ini sempat mengemparkan netizen di daerah asal informasi tersebut berasal dan kancah internasional (Oddee.com).

Bayangkan ketika Anda mendengar berita bahwa negara tempat Anda dibesarkan pecah menjadi dua bagian. Pastinya kaget.

Namun, tak lama kemudian muncul informasi bahwa kabar itu ternyata hoax atau berita bohong semata.

Sejumlah kabar bohong menyebar dan diyakini banyak orang. Kehebohannya bahkan melintasi batas negara dan benua.

Seperti delapan berita berikut yang dikutip dari Oddee.com, Kamis (9/6/2016) berikut ini. Semuanya ternyata hoax atau palsu yang sengaja dibuat oleh beberapa kelompok untuk beberapa tujuan, misalnya menaikkan popularitas dan ketenaran.

Berikut 8 berita palsu paling populer sepanjang masa.

Selanjutnya...

 

2. Lihat, Ini 8 Dampak 'Dosa Manusia' Terkait Pemanasan Global

Dampak pemanasan global terhadap binatang laut seperti kura-kura yang tersiksa karena sisa karet plastik sisa limbah pabrik. (sumber: CNBC)

Fenomena pemanasan global terus memberikan dampak negatif terhadap Bumi ini, dan segala bentuk kehidupan yang ada di dalamnya, baik flora maupun fauna.

Di satu sisi, manusia tersenyum puas menikmati kemajuan teknologi pada era globalisasi. Di sisi lain, ribuan hewan dan manusia di dunia bagian lain larut dalam kesengsaraan karena harus menanggung dampak dari pembuangan limbah industri tersebut.

Manusia telah berulang kali diingatkan tentang bahaya pemanasan global serta akibat fatalnya yang kerap kali dialami dan dirasakan oleh hewan-hewan tak bersalah.

Berbagai macam upaya telah dikerahkan, namun tidak semua hati bisa tergerak hanya dengan imbauan saja.

Jika kata-kata tidak cukup untuk menjelaskan betapa seriusnya kondisi ini, maka anda perlu perhatikan beberapa dampak terparah pemanasan global di bawah ini.

Selanjutnya...

 

3. 7 Misteri Laut Paling Mencengangkan

Para peneliti mengatakan bahwa penjelajahan di kawasan unik itu membantu para ilmuwan untuk mengerti fungsi habitat di kedalaman laut. (Sumber Pinterest)

Kita mungkin tak sadar, sekitar 70 persen permukaan planet ini berupa badan air, termasuk lautan dan samudera.

Walaupun menjadi bagian terbesar di permukaan, masih sedikit yang diketahui manusia tentang laut dan samudera. Para ilmuwan sekalipun terus berusaha menguak misteri laut.

Dikutip dari Live Science edisi Kamis 9 Juni 2016, masih lebih banyak yang diketahui manusia tentang permukaan Bulan daripada dalamnya lautan.

Ada 12 orang yang pernah menjejakkan kaki di permukaan Bulan, tapi hanya 3 orang yang pernah menyambangi Celah Mariana yang merupakan bagian terdalam samudera, sedalam kira-kira 11 km.

Berikut ini adalah sejumlah temuan paling aneh dari kedalaman lautan.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.