Sukses

Merek Cokelat Ternama Ini Terancam Dilarang di Swedia

Jika Mars tidak menarik produknya, maka mereka harus menggunakan logo M & M (huruf kapital) di Swedia mulai bulan Juli.

Liputan6.com, Kuala Lumpur - Pengadilan Swedia memutuskan perusahaan cokelat Mars tak bisa lagi mengiklankan jenis "M & M" dengan huruf kecil "m & m". Alasannya, logo tersebut dianggap terlalu mirip dengan huruf kecil "m" tunggal yang digunakan oleh cokelat kacang Swedia Marabou.

Jika Mars tidak menarik produknya, maka mereka harus menggunakan logo "M & M" di Swedia mulai bulan Juli.

Di lain pihak, pihak Mars mengatakan mereka yakin tak ada kebingungan atas logo kedua cokelat itu.

"Kami selalu percaya  tak ada kebingungan antara cokelat warna-warni "m & m"--salah satu produk cokelat favorit dunia--dan Marabou M Peanut Brand," kata Mars dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari BBC, Kamis (9/6/2016).

"Mengingat keputusan pengadilan itu, kita akan menilai langkah berikutnya atas merek kami tercinta di Swedia," ia menambahkan.

Marabou dimiliki oleh perusahaan makanan dan minuman Amerika Mondelez, yang juga memiliki Cadbury dan Toblerone.

Ini bukan pertama kalinya pertempuran merek dagang terkait cokelat. Pada Januari, Nestle kalah dalam kasus memperjuangkan merek KitKat.

Pengadilan Inggris memutuskan bahwa cokelat serupa di Norwegia yang disebut Kvikk lunsj, berhak untuk menggunakan bentuk huruf yang sama.

Kvikk lunsj juga dimiliki oleh Mondelez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.