Sukses

Persiapan Iduladha di Berbagai Negara

Menyambut Iduladha, sejumlah persiapan dilakukan di beberapa negara, antara lain di Pakistan, Irak, dan Palestina. Pasar dan pertokoan pun sesak dengan warga yang berbelanja keperluan perayaan Iduladha.

Liputan6.com, Karachi: Iduladha disambut umat Islam di penjuru dunia dengan berbagai persiapan. Di Pasar ternak terbesar di Karachi, Pakistan misalnya, yang menjadi pusat warga mencari hewan kurban, ramai dipadati pembeli. Namun, krisis global  memberi pengaruh besar terhadap angka penjualan hewan kurban tahun ini. Tak sedikit yang mengeluh harga jual hewan kurban melonjak drastis sehingga banyak yang tak mampu membeli.

Di Irak, warga menyesaki salah satu pasar terbesar di Ibukota Baghdad, yakni Pasar Shorja, Kamis (26/11) siang waktu setempat, untuk berbelanja. Warga rela berjejalan keluar masuk kios-kios pasar demi memenuhi keperluan Hari Raya Iduladha. Berbagai penganan seperti permen dan kacang-kacangan menjadi pilihan warga.

Tak hanya itu, Iduladha bagi sebagian warga Irak juga berarti mengenakan baju baru. Maka, tak heran melihat warga juga berburu sepatu, aksesoris, dan baju untuk dipakai di Iduladha.

Sementara itu, kesibukan mempersiapkan Iduladha juga terjadi di Palestina. Ribuan warga muslim di Jalur Gaza dan tepi barat memadati pasar-pasar untuk berbelanja makanan dan minuman serta hewan kurban.

Sama seperti yang dialami warga Pakistan. Harga jual hewan korban di wilayah ini juga membengkak. Akibatnya, banyak warga mengeluh dan tak mampu membeli. Hal tersebut disebabkan oleh pembatasan jumlah bahan makanan oleh Pemerintah Israel, sehingga pasokan daging di Jalur Gaza tak mencukupi.

Tak ketinggalan, pada masa libur Iduladha kali ini, banyak pengelola taman hiburan yang memanfaatkan peluang dengan baik. Taman Hiburan Luna, di Jalan Palestina misalnya. Sang pemilik Taman Hiburan Luna Walled Khalid mengaku optimis banyak pengunjung yang datang menikmati berbagai wahana di taman hiburan miliknya.

Kabar membahagiakan terdengar di Kota Gaza. Betapa tidak, pada perayaan Iduladha tahun ini, kelompok Hamas akhirnya membebaskan belasan tahanan dari Penjara Ansar, Kamis siang waktu setempat. Dengan dilepaskannya para narapidana tersebut tentu saja menambah sukacita keluarga yang telah menanti di luar penjara. Selengkapnya, simak video berita ini.(BJK)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini