Sukses

Backpacker Asal Inggris Dilaporkan Hilang di Vietnam

Seorang pria berkebangsaan Inggris dilaporkan hilang dalam pendakiannya ke sebuah gunung di dekat daerah Sa Pa, Vietnam.

Liputan6.com, Hanoi - Seorang backpacker asal Inggris, Aiden Webb dilaporkan hilang setelah mendaki Gunung Fansipan di dekat Sa Pa, Vietnam. Sebelumnya, Webb berjanji untuk menemui temannya di pos awal pendakian, namun ia tak kunjung datang.

Pria berusia 22 tahun itu dilaporkan hilang kontak sejak Jumat 3 Juni lalu. Dalam status di akun Facebooknya, kekasih Webb menyebutkan bahwa pria itu sempat terjatuh sebelum akhirnya tidak diketahui kabarnya.


"Dia terluka di tangan dan lututnya ketika jatuh," tulis Bluebell Baughan di akun Facebooknya seperti dilansir Independent, Selasa (7/6/2016).

Sementara itu, sebuah situs pencarian Go Fund Me dilaporkan berhasil menggalang dana sebesar 1.800 Euro atau setara dengan Rp 27 juta dalam 22 jam. Nantinya, dana yang sudah terkumpul itu akan digunakan untuk membiayai upaya pencarian Webb.

Situs itu merilis dibutuhkan setidaknya 12 euro per hari atau setara dengan Rp 181 ribu untuk menyewa penduduk lokal demi membantu pencarian Webb

"Apa yang dibutuhkan Webb adalah masyarakat lokal yang berpengalaman untuk mencari dia. Kami meminta apapun yang bisa kalian berikan, tapi 12 euro adalah biaya ekstra per hari," tulis situs tersebut.

Sementara itu, sang bibi, Lisa Webb menuliskan di status Facebooknya bahwa ayah dan paman Webb terbang ke Vietnam pada Minggu 5 Juni malam. Mereka ingin mengoptimalkan upaya pencarian.

Dua tim dikabarkan telah bergerak menyusuri sungai -- jalur yang diperkirakan akan dilalui Webb. Sementara itu, tim lain yang terdiri dari polisi hutan memulai pencarian dari lokasi terakhir keberadaan pemuda itu.

Tidak dijelaskan, apakah Webb mendaki seorang diri atau bersama dengan orang lain. Belum ada pernyataan resmi dari perwakilan Inggris di Vietnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.