Sukses

Jangan Takut...Ini 5 Fakta Soal Pesawat yang Wajib Diketahui

Jangan takut naik pesawat. Banyak hal yang bisa bikin kita berani mengarungi langit menggunakan burung besi itu.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak fakta dan informasi yang belum banyak diketahui tentang pesawat terbang.

Ada yang membuat orang takut, namun justru lebih banyak yang bikin kita berani mengarungi langit menggunakan burung besi itu. Tak percaya?

 

Misalnya, meski sejumlah kecelakaan terjadi belakangan ini, jumlah korban jiwa yang diakibatkan insiden terkait pesawat terbang ternyata lebih sedikit daripada transportasi darat di jalan raya.

Dan, ada sejumlah hal yang telah disiapkan untuk menghadapi kondisi darurat atau mencegah insiden yang tak diinginkan. 

Berikut 5 hal yang anda perlu ketahui jika anda akan menaiki pesawat, terutama dalam waktu dekat:

1. Bisa Mengangkut 462 Mobil

 

Ilustrasi pesawat terbang.

Melansir dari CNN, pesawat terbang, terutama yang berseri Airbus A380 mampu mengangkut beban hingga 575.000 kg.

Beban ini sama dengan berat 462 mobil Honda Civics. Hal ini merupakan bukti bahwa pesawat mempunyai kemampuan untuk menampung banyak orang termasuk logistik, jadi hilangkan pikiran bahwa pesawat akan menjadi susah terbang karena bebannya yang berlebihan.

Percayalah bahwa sarana transportasi udara ini mampu membawa anda sampai ke tujuan dengan selamat walaupun membawa beban seberat apapun.

2. Penyediaan Asbak

Semua maskapai penerbangan melarang penumpangnya untuk merokok, baik di dalam pesawat atau di kamar mandi. Tidak semua pesawat di era sekarang menyediakan asbak di kamar mandinya.

Namun, masih ada beberapa maskapai yang menyediakan asbak di kamar mandi mereka. Mengapa?

Walaupun pelarangan merokok sudah cukup jelas, pihak maskapai tetap mengantisipasi kemungkinan adanya seseorang yang sengaja merokok di kamar mandi.

 

Asbak dalam kamar mandi pesawat terbang. (sumber: Business Insider)

Oleh karena itu, mereka menyediakan asbak supaya mereka penumpang nakal mematikan rokok mereka di asbak, bukan membuangnya ke dalam tempat sampah yang biasanya dipenuhi dengan tumpukan tisu dan bahan plastik lainnya yang sangat rentan terbakar.

Jadi, ketakutan akan pesawat terbakar karena rokok perlu dihilangkan, pihak maskapai sudah terlebih dahulu mengantisipasi hal tersebut, sehingga mengurangi potensi kefatalan akibat rokok.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesawat Lebih Aman dari Tempat Tidur

3. Bisa Terbang Tanpa Mesin

Ilustrasi pesawat terbang.

Pada umumnya, orang akan berpikir bahwa pesawat tidak akan bisa terbang jika mesinnya gagal berfungsi. Namun pemikiran tersebut salah.

Pesawat penerbangan sipil mempunyai dua mesin yang kuat; apabila salah satu mesinnya mati, pesawat akan tetap bisa beroperasi.

Jika keduanya mati, pesawat pun bisa terus melayang hingga sampai tujuan. Kalaupun tidak, pilot sudah terlatih untuk menurunkan pesawat di bandara terdekat untuk memperbaikinya.

4. Lebih Aman dari Tempat Tidur

 

Naik pesawat terbang jauh lebih aman dibandingkan transportasi lainnya.

Ini mungkin hal yang paling sulit dipercaya oleh masyarakat pada umumnya. Walaupun sekitar 7 pesawat penerbangan sipil mengalami kecelakaan fatal pada tahun 2015 lalu, kemungkinan Anda mengalami hal yang sama hanyalah 0,00002%.

Persentase ini jauh lebih rendah dibandingkan potensi anda jatuh dari tempat tidur dan berakhir dengan kondisi fisik yang fatal.

5. Proses Evakuasi Mudah

Apabila anda terlibat dalam situasi darurat pesawat terbang, jangan panik. Anda bisa meninggalkan pesawat dalam waktu yang sangat singkat, yaitu 90 detik atau kurang dari itu.

Lembaga regulator penerbangan sipil AS, Federal Aviation Administration (FAA) sudah secara seksama merancang rute penyelamatan diri penumpang untuk keluar dari pesawat dalam keadaan darurat.

Tonton video di bawah ini untuk selengkapnya:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.