Sukses

Ini yang Terjadi Setelah Manusia Lenyap dari Muka Bumi

Apa yang terjadi jika tiba-tiba manusia lenyap dari Bumi? Apakah kehidupan di planet biru akan terus berlanjut?

Liputan6.com, New York - Apakah Anda pernah membayangkan apa yang akan terjadi jika suatu saat tiba-tiba seluruh manusia di Bumi lenyap?

Menurut penjelasan sebuah tayangan dari salah satu akun situs berbagi video, #Mind Warehouse, akan terjadi hal-hal yang mungkin tak pernah kita bayangkan.

Video tersebut muncul setelah Life After People, -- yakni serial televisi di mana ilmuwan, insinyur bangunan, dan ahli lain berspekulasi tentang apa yang akan terjadi jika tiba-tiba manusia lenyap dari Bumi.

Dalam beberapa jam setelah manusia lenyap dari Bumi, hampir seluruh listrik akan mati. Hal ini disebabkan karena pembangkit listrik tak dapat berfungsi.

"Di bagian barat Amerika Serikat, generator Hoover Dam akan diaktifkan oleh aliran air dari Danau Meade. Pembangkit listrik itu dapat berfungsi selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun," ujar narator video.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (3/6/2016), dua atau tiga hari setelah manusia menghilang, hampir seluruh sistem kereta bawah tanah akan terendam air karena pompa yang berfungsi untuk menyedot air akan berhenti bekerja.

Setelah 10 hari, hewan peliharaan dan ternak akan mati kelaparan, sementara anjing berukuran besar kemungkinan akan bertahan hidup dengan berburu.

Sebulan kemudian, air yang berfungsi untuk mendinginkan pembangkit listrik tenaga nuklir akan menguap. Hal tersebut mengakibatkan beberapa bencana di seluruh Bumi yang dampaknya lebih besar dari peristiwa Fukushima dan Chernobyl.

Kondisi salah satu ruangan di  kota Pripyat dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl di Ukraina, (23/3). Sampai sekarang radiasi di kota ini masih dalam keadaan kritis. (REUTERS / Gleb Garanich)

"Namun secara keseluruhan, Bumi akan memulihkan diri dari kontaminasi radioaktif cepat atau lambat," jelas narator.

Setelah setahun manusia menghilang, satelit buatan di sekitar Bumi akan keluar dari orbitnya dan membuat penampakan seperti bintang jatuh saat ia menembus atmosfer dalam kondisi terbakar.

Satelit buatan akan membuat penampakan seperti bintang jatuh saat ia menembus atmosfer (NASA/Pete Lawrence)

Tumbuhan juga mulai mendominasi Bumi, dan beberapa kota seperti Dubai juga Las Vegas akan terkubur di dalam pasir setelah 25 tahun manusia lenyap.

Dubai, Uni Emirate Arab. (catchmeifyoucannie.com)

Dalam video tersebut juga dijelaskan 300 tahun kemudian, gedung-gedung bertingkat yang menggunakan konstruksi logam akan runtuh, bahkan ikon suatu negara seperti Eiffel dan Golden Gate Bridge juga hancur karena korosi.

Tumbuhan akan mendominasi permukaan Bumi (#Mind Warehouse)

Pada 10 ribu tahun kemudian, bukti bahwa manusia pernah tinggal di Bumi hanya akan diketahui dari peninggalan yang terbuat dari batu, seperti piramida di Mesir, Tembok Besar China, dan Gunung Rushmore -- di mana terdapat ukiran empat kepala presiden AS.

Video tersebut menunjukkan bahwa alam akan tetap hidup walaupun tanpa keberadaan manusia. Namun kita tak dapat hidup tanpa memanfaatkan apa yang telah disediakan oleh alam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini