Sukses

Anak-anak Indonesia Diajari Bercocok Tanam di Korea Utara

Sejumlah kegiatan dilakukan untuk mempererat hubungan RI-Korea Utara. Salah satunya dengan bercocok tanam.

Liputan6.com, Pyongyang - Duta Besar RI untuk Korea Utara Bambang Hiendrasto kembali menggelar kegiatan untuk memperat hubungan kedua negara. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, Dubes Bambang mengunjungi Koperasi Persahabatan Korea Utara-Indonesia di wilayah pertanian Yaksu.

Di tempat ini, Dubes Bambang tak datang sendiri. Dirinya ditemani staf kedutaan bersama keluarga dan anak-anak mereka.

Kunjungan ini tak disia-siakan Ketua Koperasi Persahabatan RI-Korut, Ro Ki-nam. Tanpa ragu ia mengajak seluruh rombongan untuk mengunjungi lahan pertaniannya.

Di tempat itu, seluruh anak-anak dilatih bercocok tanam. Ajakan ini, diterima dengan begitu antusias oleh anak-anak Indonesia.

Anak Indonesia bercocok tanam di Korut (Foto: KBRI Pyongyang)

"Meskipun siang hari itu sinar matahari cukup terik, namun rombongan, khususnya anak-anak, terlihat sangat antusias. Beberapa anggota rombongan berkesempatan menanam padi dengan menggunakan traktor khusus. Sementara di kawasan yang sama terlihat para petani menanam padi secara tradisional dengan tangan," sebut keterangan Pers KBRI Pyongyang kepada Liputan6.com.

Setelah menanam padi, kegiatan dilanjutkan dengan hal yang lebih menarik lainnya. Kali ini. para peserta diajak menuju lahan jagung dan kacang tanah yang di sana ditanam menggunakan teknik tumpang sari.

"Dubes RI dan rombongan menyiangi dan menggemburkan tanah dengan menggunakan homi (pacul kecil)," lanjut keterangan pers tersebut.

Acara ini disambut baik Ro Kim-nam. Ia menyampaikan bahwa pihaknya dan seluruh petani Koperasi Yaksu selalu menantikan kunjungan Duta Besar RI dan keluarga besar KBRI Pyongyang.

Anak Indonesia bercocok tanam di Korut (Foto: KBRI Pyongyang)

Kunjungan ini diyakini menambah semangat kerja para pengurus dan petani di Koperasi Yaksu yang berjumlah sekitar 2.300 orang.

Setahun sekali, KBRI Pyongyang rutin berkunjung ke Koperasi Pertanian Yaksu untuk membina persahabatan. Selain koperasi, di kota Pyongyang juga terdapat sekolah persahabatan Korea Utara-Indonesia, yaitu Ryulgok Mid-School.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini