Sukses

Video Mengerikan 70 Hiu Memangsa Seekor Paus di Laut Australia

Laut yang berwarna toska pun berubah menjadi merah akibat peristiwa menakjubkan sekaligus mengerikan itu.

Liputan6.com, Shark Bay - Rombongan turis yang berada di kapal pesiar Australia menjadi saksi mata pemandangan luar biasa sekaligus mengerikan, yakni sekitar 70 hiu harimau memangsa bangkai ikan paus balin di Shark Bay.

Perusahaan wisata, Eco Abrolhos, menemui adegan berdarah tersebut pada hari keempat, 20 Mei 2016, dalam jadwal pelayaran 14 hari. Menurut sebuah posting di halaman Facebook-nya, tur tersebut akan berlayar ke Steep Point, Dirk Hartog Island, Australia.

Untuk mengabadikan momen dramatis itu, mereka menggunakan drone dan mengunggahnya ke laman Facebook.

Dalam rekaman itu terlihat puluhan hiu harimau mengelilingi dan mengoyak bangkai ikan paus yang menyebabkan air laut berwarna toska berubah menjadi merah.

Sebelum memposting video, dalam Facebook-nya Eco Abrolhos mengunggah foto sekelompok hiu mengelilingi bangkai paus dan momen itu diambil dari jarak yang sangat dekat.

Hingga kini video itu telah ditonton sebanyak 2,6 juta kali semenjak dibagikan pada 21 Mei.

Tempat terjadinya peristiwa tersebut, Shark Bay, merupakan situs warisan dunia di pantai barat Australia yang ditetapkan oleh organisasi pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan PBB, UNESCO.

Dikutip dari LiveScience, Selasa (31/5/2016), Shark Bay memiliki luas 2,2 juta hektar dan merupakan rumah bagi berbagai jenis tanaman, amfibi, mamalia darat, dan kehidupan laut.

Puluhan hiu harimau berkerumun di sekitar bangkai paus (Eco Abrolhos).

Wilayah itu diberi nama Shark Bay pada tahun 1699, setelah penjelajah Ingris bernama William Dampier mengunjuni lokasi tersebut dan terkesima dengan jumlah hiu yang dapat ia temui di sana.

Paus balin dan right whales yang menggunakan Shark Bay sebagai titik perhentian sepanjang rute migrasi mereka jumlahnya terus meningkat, demikian menurut penjelasan UNESCO.

Sementara pemandu wisata tak dapat menjelaskan bagaimana paus tersebut dapat ke sana atau menggambarkan keadaan sekitar keatiannya, perisitwa menakjubkan sekaligus mengerikan itu tidak akan terlupakan dalam waktu dekat oleh para wisatawan yang melihatnya secara langsung.

Berikut rekaman 70 hiu harimau memangsa seekor paus balin di Shark Bay, Australia:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.