Sukses

Tembakan Fajar Korut di Lepas Pantai Timur Gagal Total

Sejauh ini belum diketahui pasti jenis rudal yang ditembakkan Korut, apakah sama dengan unit yang digunakan pada uji coba sebelumnya.

Liputan6.com, Pyongyang - Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali berusaha menembakkan rudal balistik di lepas pantai timur negara itu. Kendati demikian belum ada rincian lebih lanjut soal 'tembakan fajar' tersebut.

"Tetapi peluncuran itu tampaknya telah gagal," kata para pejabat militer Korea Selatan seperti dikutip dari BBC, Selasa (31/5/2016).

Sejauh ini belum diketahui pasti jenis rudal yang ditembakkan.

"Peluncuran terjadi pada pukul 05.20 waktu setempat di lepas pantai timur Korut, namun tidak ada rincian lebih lanjut," ucap Kepala Staf Gabungan Korea Selatan.

Menurut laporan kantor berita Yonhap, tes rudal Korut keempat yang gagal ini kemungkinan juga menggunakan jenis rudal Musudan.

Sebelumnya pada bulan April, tiga tes juga dilaporkan gagal menembakkan misil dengan rudal jarak menengah, Musudan.

Aksi Korut yang kerap menembakkan misil banyak mendapatkan kecaman. PBB bahkan melarang negara tersebut menggunakan teknologi rudal balistik.

Ketegangan meningkat di Korut setelah uji coba nuklir Pyongyang pada Januari lalu dan beberapa tes penembakan rudal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini