Sukses

8 Potret Menguak 'The Real' Barack Obama

Fotografer Gedung Putih, Pete Souza, berhasil mengabadikan momen yang jarang dilihat publik tentang keseharian Obama.

Liputan6.com, Washington DC - Barack Obama merupakan Presiden Amerika Serikat pertama yang merupakan keturunan Afrika Amerika. Hal tersebut menjadi salah satu sejarah besar bagi Negeri Paman Sam karena telah berabad-abad mereka menghadapi isu tentang rasisme.

Ayah Obama berasal dari Kenya sedangkan ibunya keturunan Inggris. Terlahir dari keluarga multi etnis, ia juga mencoba untuk menyatukan berbagai sudut pandang sosial atas hal tersebut.

Pria kelahiran Hawaii itu mengaku menyaksikan berbagai macam budaya yang saling menghargai. Hal tersebut dijadikan nilai dasar yang dipegang oleh Obama.

Dibesarkan dari keluarga dan lingkungan beragam, menjadikan Obama sebagai sosok yang menghargai perbedaan. Ia juga dikenal sebagai presiden yang tak membatasi pergaulannya dengan berbagai kalangan.

Dikutip dari The Guardian, Selasa (31/5/2016), seorang fotografer Gedung Putih, Pete Souza, berhasil mengabadikan beberapa momen yang menguak sisi lain Obama yang jarang didapatkan oleh media lain.

1. Obama Tersenyum Melihat Michelle Menari

Obama tampak tertawa melihat Michelle Obama berdansa (Pete Souza).

Presiden Barack Obama tampak tersenyum melihat istrinya menari dengan McLaurin, seorang pekerja sosial yang telah bekerja di ibu kota AS selama puluhan tahun. Pertemuan itu juga merupakan perayaan Black History Month.

2. Seorang Anak Memegang Rambut Obama

Tampak seorang anak memegang rambut Obama (Pete Souza).

Pada tahun 2012 Souza memotret Obama yang sedang menunduk agar anak berusia 5 tahun bernama Jacob bisa memegang rambutnya.

Anak itu berkata kepada Obama, "Aku ingin tahu apakah rambutku sama seperti denganmu." Presiden AS pun menjawab, "Pegang saja, nak!"

3. Ekspresi Cinta Obama

Obama menyenderkan keningnya di kening istrinya (Pete Souza).

Obama dan istrinya dikenal sebagai salah satu pasangan paling romantis. Souza pun berhasil mengabadikan momen tersebut lewat foto tersebut.

Dala foto itu, tampak Obama menempelkan keningnya ke kening istrinya. Keduanya pun tampak tersenyum bahagia.

4. Bermain Bersama Anjing

Obama bermain dengan anjingnya, Bo (Pete Souza).

Tak hanya akrab dan senang dengan anak kecil, Obama juga ternyata gemar mengajak anjing peliharaannya bermain.

Pada Maret 2008, Obama terlihat berlari dengan anjing keluarga miliknya yang bernama Bo di East Colonade Gedung Putih.

5. Bermain Basket

Barack Obama dan anggota Kongres bermain basket (Pete Souza).

Selain jago nge-rap, Presiden AS tersebut juga beberapa kali terlihat tengah berolahraga, di antaranya adalah nge-gym dan bermain basket.

Dalam foto tersebut, terlihat Obama berdesakan dengan anggota Kongres ketika bermain basket yang diselenggarakan di Gedung Putih.

6. Berperan sebagai Penjahat

Presiden AS itu tampak berperan sebagai penjahat (Pete Souza).

Kedekatan Obama dengan anak kecil tak hanya ditunjukkan oleh satu foto saja. Dalam beberapa gambar lain, ia tampak menikmati waktunya ketika bermain dengan anak-anak.

Foto yang diambil pada Agustus 2013 tersebut, menunjukkan Obama berperan sebagai penjahat ketika melawan anak kecil berusia 3 tahun yang berkostum Spiderman.

7. Kedekatan Obama dan Putrinya

Obama tampak memeluk putrinya (Pete Souza).

Selain dikenal romantis dengan istrinya, Michelle Obama, Presiden AS itu kerap kali menemani kedua putrinya dalam berbagai acara.

Obama tampak memeluk putrinya, Sasha, ketika mengunjungi penjara di Afrika Selatan pada Juni 2013. Ruangan tersebut pernah ditempati oleh Nelson Mandela.

8. Ruangan Presiden jadi Tempat Bermain

Obama tampak bermain dengan seorang gadis kecil (Pete Souza).

Beberapa presiden mungkin enggan jika ruang kerjanya digunakan untuk bermain oleh anak-anak, namun hal tersebut tak berlaku bagi Obama.

Foto yang diambil pada Juli 2012 tersebut menunjukkan seorang gadis kecil tampak bermain dengan Barack Obama di Oval Office Gedung Putih. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.