Sukses

Norwegia Dukung Perdamaian Palestina dan Israel

Menlu Retno juga mengatakan, menjadikan situasi di Timur Tengah sebagai contoh agar upaya pencapaian perdamaian lebih ditekankan lagi.

Liputan6.com, Jakarta - Di sela perhelatan acara 2nd Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) antara Indonesia dan Norwegia yang dilaksanakan di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, kedua menteri dari dua negara tersebut menyempatkan diri untuk membicarakan sejumlah hal.

Topik pokok dalam pertemuan antara Menlu RI, Retno Marsudi dan Menlu Norwegia, Borge Brende meliputi isu HAM, peningkatan kerjasama di bidang maritim, perikanan dan kehutanan.

Selain perbicangan mengenai topik utama tersebut, kedua menteri juga mendiskusikan langkah yang harus diambil oleh kedua negara untuk membantu mencapai perdamaian dunia.

Menlu Retno juga mengatakan, menjadikan situasi di Timur Tengah sebagai contoh agar upaya pencapaian perdamaian lebih ditekankan lagi ke depannya.

"Kami membahas isu keamanan seperti di Timur Tengah dan juga perihal kestabilannya," kata Menlu Retno, di Gedung Kemlu Jakarta, Senin (30/5/2016).

Menlu Retno kemudian memberitahukan bahwa dirinya akan hadir dalam acara Paris Peace Conference di Prancis yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Menlu Norwegia, Borge Brende turut angkat bicara soal topik perbincangan antar kedua negara soal isu keamanan dan perdamaian. Ia mengatakan, bahwa dirinya dan Menlu Retno sempat membicarakan isu soal Israel dan Palestina.

"Sama halnya dengan Indonesia, kami juga sangat mendukung two-state-solution untuk Israel dan Palestina," kata Menly Brende.

Kedua negara sepakat untuk Israel dan Palestina mengadopsi sistem two-state-solution di mana kedua negara masing-masing dipastikan mendapatkan hak dan pengakuan secara internasional.

Selain membicarakan hal tersebut, kedua menlu juga membicarakan kerjasama di bidang lain seperti edukasi, peningkatan kerja sama pelaku bisnis dari kedua negara dan juga mempererat hubungan Norwegia dengan ASEAN.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Norwegia Borge Brende pagi hingga siang hari tadi. Agenda tersebut dalam rangka 2nd Joint Commission for Bilateral Cooperation (JCBC) dan membuka Dialog HAM antara RI dan Norwegia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.