Sukses

Ini Cara Dapatkan Biaya Kuliah Gratis dalam 529 Hari

Acara tabungan kuliah 529 hari yang diadakan di beberapa negara juga memberikan ratusan juta secara cuma-cuma kepada masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi secara gratis? Tentunya banyak sekali para pelajar, bahkan pekerja, yang ingin mendapatkan kesempatan tersebut.

Kini, impian mendapatkan pendidikan secara gratis bukanlah mimpi belaka.

Sebuah kegiatan tahunan tabungan kuliah, kembali diadakan oleh College Savings Plans Network’s annual 529 Day.

Dikutip dari Time.com, Senin (30/5/2016), acara tersebut diadakan setiap tahun pada tanggal 29 Mei. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan keuntungan membuka akun tabungan kuliah.

Acara tersebut juga memberikan tip-tip yang akan sangat menguntungkan dan membantu bagi orangtua, dalam mempersiapkan lebih awal biaya pendidikan bangku kuliah anak mereka.

Untuk meringankan beban biaya pendidikan, di beberapa negara, penyelenggara acara tersebut memberikan ratusan dolar secara cuma-cuma kepada setiap perempuan yang baru melahirkan di bulan Mei, dan para pembuat akun 529 baru di bulan ini.

Berikut beberapa jenis hadiah uang tunai yang diberikan pada acara College Savings Plans Network’s annual 529 Day, pada hari Minggu 29 Mei 2016.

1. Hadiah untuk bayi

Penyelenggara di Rhode Island, memberikan hadiah uang tunai kepada semua bayi yang baru lahir pada hari Minggu. Mereka dapat menerima kontribusi sebanyak US$ 529 atau Rp 7,2 juta, untuk membuka tabungan kuliah dalam satu tahun.

Sementara itu di Alabama memberikan 31 akun tabungan secara cuma-cuma kepada semua orangtua, yang anaknya baru lahir pada bulan Mei.

Beberapa negara seperti Vermont, Mississippi, Karolina Selatan, dan Georgia, juga memberikan beasiswa yang sama untuk anak baru lahir.

2. Insentif anak baru

Di Kalifornia, pemerintah penanggungjawab beasiswa akan memberikan bonus kepada setiap pembuka akun 529 baru. Mereka akan diberikan tambahan sebanyak US$ 25-50 atau Rp 300 hingga 600 ribu, untuk setiap pembukaan buku rekening baru seharga US$ 50 atau Rp 600 ribu.

Di Iowa, warga yang dapat menyelesaikan tutorial 529 dalam waktu 20 menit, akan mendapatkan hadiah sebanyak US$ 1.000 atau Rp 13.7 juta. Sementara itu, setiap warga yang berkontribusi setidaknya satu dolar untuk aku CollegeInvest Smart Choice, mendapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah sebesar US$ 2.500 atau Rp 35 juta.

3. Undian untuk umum

Nebraska dan Missouri, memegang rekor sebagai pemberi hadiah undian terbesar. Empat orang pemenang di Nebraska akan mendapatkan hadiah sebesar US$ 5.000 atau Rp 68 juta, yang akan dikirim ke akun NEST mereka.

Sedangkan di Missouri akan memberikan hadiah sebesar US$ 5290 atau Rp 72 juta ditambah dengan hadiah sebesar US$ 529 atau Rp 7,2 juta, untuk 10 pemenang pertama.

Oklahoma memberikan dua hadiah cuma-cuma yang fantastis. Pertama, peserta akan diberikan hadiah tabungan kuliah Universitas Oklahama, kepada pemenang kontes program di halaman Facebook, dimulai dari 29 Mei hingga 9 Juni. Pemenang akan diberikan hadiah sebesar US$ 529 atau Rp 7.2 juta.

Negara itu juga mengundi akun tabungan senilai US$ 5.529 atau Rp 75 juta, untuk warga yang mempunyai anak berusia di bawah 16 tahun.

Undian itu juga dilakukan di Virginia, Pennsylvania, dan Connecticut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini