Sukses

Trump Amankan Jumlah Delegasi untuk Maju Pilpres AS

Donald Trump berhasil mendapatkan 15 delegasi untuk mendukungnya saat dirinya berkunjung ke North Dakota.

Liputan6.com, North Dakota - Kandidat bakal calon presiden AS dari partai Republik, Donald Trump dikabarkan telah berhasil mengumpulkan delegasi dalam jumlah banyak untuk mengamankan posisinya dalam pertarungan politik menuju ranah kepresidenan AS.

Saat Trump berkunjung ke North Dakota untuk menghadiri sebuah konferensi tentang minyak dan gas hari Kamis kemarin, 26 Mei 2016, ia berhasil memenangkan hati dan suara 15 delegasi dari daerah ini.

"Terima kasih, kalian sudah membuat saya berada dalam posisi aman," kata Trump dikutip dari BBC, Sabtu (28/5/2016).

Keberhasilannya juga terbukti dengan kemampuan sang miliarder untuk mengalahkan 16 kandidat lainnya dari partai Republik.

Seperti dilansir dari The Guardian, Jumat (27/5/2016) Trump berhasil merangkul delegasi sebanyak 1.237 orang. Setelah merayakan kemenangan tersebut, Trump berpidato di depan para pengunjung konferensi mengenai gas dan minyak bumi.

Partai Republik dikabarkan akan mengakhiri konvensi politik atau nomination secara resmi pada bulan Juli nanti. Jika nominasi Trump sudah secara resmi diterima, maka ia akan berhadapan langsung dengan salah satu dari kandidat partai Republik, Hillary Clinton atau Bernie Sanders, dalam pertarungan menuju kursi panas presiden AS.

Trump dan Bernie Sanders dijadwalkan akan bertemu untuk sesi debat primaries awal bulan Juni nanti. Sesi tersebut akan ditayangkan langsung dari California, lokasi di mana sesi perdebatan akan berlangsung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.