Sukses

Mesin Jet Korean Air Terbakar, Ratusan Penumpang Dievakuasi

Tidak ada korban luka dalam insiden terbakarnya mesin Jet Korean Air. Penyebab kerusakan mesin pun masih berupa misteri.

Liputan6.com, Haneda - Lebih dari 300 penumpang dan awak kabin dievakuasi dari pesawat maskapai penerbangan Korean Air di Tokyo, Jepang.

Menurut laporan yang dikutip dari BBC, Jumat (27/5/2016), terjadi kebakaran di bagian sayap pesawat saat mesin pada bagian kiri badan pesawat rusak dan mengeluarkan kobaran api.

Pesawat dengan nomor penerbangan 2708 itu, sedang bersiap-siap untuk lepas landas dari Bandara Haneda, Jepang, menuju Seoul, Korea Selatan, pada Jumat (27/5/2016) pagi waktu setempat, sesaat sebelum kobaran api tiba-tiba muncul dari mesin jet pesawat. 

Menurut laporan pihak berwenang, kobaran api pada mesin burung besi tersebut, dipadamkan dengan mengerahkan dua truk pemadam kebakaran. Petugas menyemprotkan air dan busa pada kobaran api, hingga menyebabkan jalur lepas landas ditutup sementara.

Mesin pada bagian kiri pesawat tiba-tiba terbakar, sesaat sebelum Korean Air lepas landas (Reuters/BBC)

Para penumpang dan awak kabin yang berhasil dievakuasi, berkumpul di lapangan rumput tak jauh dari landasan terbang.

Tidak ada korban luka dalam kejadian tersebut. Penyebab kerusakan mesin pun masih berupa misteri.

"Ada 302 penumpang dan 17 awak kabin di dalam pesawat tersebut. Mereka berhasil dievakuasi," kata Kyosuke Okada, pihak berwenang Bandara Internasional Haneda.

Pihak Korean Air mengatakan, seperti dilansir dari Daily Mail, akan segera mencari tahu akibat munculnya kobaran api pada Boeing 777-300 itu. Mereka juga mengatakan telah menyediakan pesawat lain, untuk menerbangkan penumpang dari Haneda menuju Seoul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini