Sukses

Top 3: Monster Cumi-cumi Raksasa Membuat Penasaran Pembaca

Temuan seekor cumi-cumi raksasa mengundang rasa penasaran pembaca. Padahal, dulunya cumi-cumi raksasa hanya dikira mitos belaka.

Liputan6.com, Jakarta - Para pembaca Liputan6.com paling tertarik membaca tentang temuan seekor cumi-cumi raksasa yang berukuran sebesar bus.

Padahal, dulunya cumi-cumi raksasa dikira mitos belaka. Ternyata ada beberapa spesies cumi-cumi yang memang berukuran luar biasa.

Selanjutnya, kisah sejarah mengusik rasa penasaran. Kali ini adalah cerita tentang Andrew Jackson, mantan presiden AS yang selama 40 tahun hidup dengan sebutir peluru bersarang di dadanya. Kemudian, kisah tentang anak manusia dengan ukuran tangan yang tidak biasa juga menjadi perhatian pembaca.

Berikut ini adalah Top 3 Global kali ini:

1. 'Monster' Cumi-cumi Sebesar Bus Kota Berkeliaran di Laut

Pada 1 Oktober 2013, cumi-cumi berukuran 9 meter ditemukan terdampar di Spanyol (enriquetalledo.com).

Laut dalam menyimpan banyak hewan 'ajaib', salah satunya adalah cumi-cumi raksasa yang memiliki mata sebesar bola basket. Bahkan menurut penelitian, 'monster' tersebut dapat memiliki ukuran lebih besar dari bus sekolah.

Tak mengherankan jika hewan yang dikenal sebagai cumi-cumi raksasa (Architeuthis dux) dianggap sebagai sebagai mitos belaka. Namun hal itu dibantah oleh ilmuwan karena mereka berhasil mengabadikan keberadaan 'monster' tersebut di habitat aslinya pada 2004.

Sejak penemuan itu, muncul beberapa spekulasi tentang seberapa besar cumi-cumi raksasa dapat tumbuh. Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan ke lebih dari 130 spesimen, ilmuwan mengatakan bahwa tak ada dari mereka yang dapat melebihi panjang 13 meter.

Selanjutnya...

 

2. Presiden AS Ini Hidup dengan Peluru di Dada Selama 40 Tahun

Presiden AS ke-7, Andrew Jackson (thepapersofandrewjackson)

Terlahir dalam keluarga miskin di wilayah Waxhaws -- perbatasan North dan South Carolina-- pada 15 Maret 1767, Andrew Jackson kelak menjadi salah satu orang paling penting sepanjang sejarah Amerika Serikat (AS).

Pendiri Partai Demokrat yang juga Presiden AS ke-7 itu memiliki sejumlah catatan menarik, baik dalam kehidupan pribadi maupun karier politiknya.

Terdapat satu babak dalam kehidupan Jackson yang mungkin dilewatkan sebagian orang. Pada tanggal 30 Mei 1806, ia pernah berduel dengan Charles Dickinson -- perkelahian itu berakhir dengan tewasnya Dickinson dan sebuah peluru bersarang di dada Jackson.

Selanjutnya...


3. Pria Bertangan Raksasa Melawan Stigma 'Anak Setan'

Bablu, pria 25 tahun pengidap gigantisme lokal (News Flare).

Seorang pria dengan kondisi langka, yang menyebabkan salah satu tangannya tumbuh dengan ukuran tak wajar, dipaksa pindah setelah tak diakui oleh keluarganya.

Karena tangan raksasa itu, pria berumur 25 tahun bernama Bablu tersebut dijuluki anak setan oleh tetangganya.

Menurut keterangan jurnalis lokal, keluarga dan tetangganya tak mengerti mengapa tangan Bablu bisa tumbuh menjadi seperti itu.

Akibatnya, pria pengidap gigantisme tersebut terpaksa melarikan diri dari kampung halamannya untuk memulai kehidupan baru di Mumbai.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.