Sukses

8 Fakta Unik Saat Obama-Bourdain Jajan Mi Murah Meriah di Vietnam

Ini 8 Fakta yang Anda perlu ketahui, soal makan malam Presiden AS Barack Obama dan chef ternama Anthony Bourdain di Hanoi, Vietnam.

Liputan6.com, Hanoi- Kunjungan Presiden AS Barack Obama ke Vietnam menjadi buah bibir masyarakat luas. Tidak hanya karena mengambil langkah yang menjadi tonggak sejarah hubungan kedua negara -- pencabutan pelarangan pembelian persenjataan untuk Vietnam, namun juga menunjukkan kerendahan hati dengan makan malam di warung mi sederhana.

Obama menikmati traktiran mie dingin khas Hanoi bersama pembawa acara 'Part Unknown' di CNN, Anthony Bourdain.

Siapa sangka, presiden AS mau menerima ajakan santap hidangan makan malam yang bukan dalam bentuk fine dining.

Sejumlah foto yang menunjukan Obama tengah duduk di atas kursi plastik, sambil memegang segelas bir dan di hadapan semangkuk bakmi khas Vietnam, Bun Cha, pun beredar luas. Potret lainnya memperlihatkan mereka tengah bersenda gurau.

Kumpulan foto-foto tersebut membuktikan bahwa Obama memang sosok yang sederhana.

Berikut ini 7 fakta soal jajanan murah meriah Obama dengan Bourdain di restoran Bun Cha huong Lien, Hanoi yang mencuri perhatian dunia:

 

1. Traktiran Anthony Bourdain

Obama makan di warung sederhana bersama Anthony Bourdain di Vietnam (Twitter/@Bourdain)

Makan malam murah meriah itu merupakan ajakan dari Anthony Bourdain, sang ahli juru masak asal ternama Amerika itu. Ia mengaku membayar makan malam street-style khas Vietnam dan memposting buktinya melalui Twitter miliknya.

"I picked up the check," demikian kicauan Bourdain lewat akun resmi Twitternya @Bourdain.

 

2. Makanan Murah Meriah

Makanan yang disantap Presiden Barack Obama di Hanoi, Vietnam. (Sumber:twitter @davidclinchnews)

Dari foto yang dirilis melalui akun @Bourdain dan sejumlah media lainnya, hidangan terlihat cukup lengkap. Yakni mi khas Vietnam Bun Cha, termasuk bir lokal.

Namun biaya yang dikeluarkan hanya sekitar US$ 6 atau Rp 82 ribu untuk dua orang. 

3. Menyantap Lewat Jam Makan Malam

Presiden AS Barack Obama di Vietnam (sumber:instagram @davidclinchnews)

Seperti yang diberitakan Wall Street Journal, makan malam Obama-Bourdain dilakukan lewat dari jam 21.00 waktu setempat.

Di Vietnam, biasanya pada pukul tersebut semua sudah selesai menyantap makan malam mereka.

4. Tak Dikenali

Obama tampak kasula makan malam dengan Anthony Bourdain.

Dalam foto yang beredar di dunia maya, orang-orang di sekitar terlihat sibuk dengan hidangan malam dan larut dalam obrolan mereka masing-masing. Tak ada yang mengenali Orang Nomor Satu di Amerika Serikat itu, pun demikian dengan chef terkenal tersebut.

Presiden Obama dan Bourdain akhirnya terlihat asik mengobrol satu sama lain. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penataan Hidangan hingga Sambutan Hangat

5. Penataan Hidangan

Presiden AS Barack Obama di Vietnam (sumber:channelnewsasia)

Banyak orang di media sosial menanyakan soal penataan hidangan makan malam Obama-Bourdain.

Para komentator di Instagram terus membanjiri foto mereka dengan pertanyaan seperti 'mengapa penataan hidangannya begitu simetris?' dan pernyataan seperti 'mangkuk dan sumpit ditaruh dengan susunan sangat rapih!'

Namun sejauh ini belum ada jawaban soal itu.

6. Lihai Pakai Sumpit

Ini bukan editan. Presiden AS Barack Obama memang tengah mampir ke sebuah warung mie ayam bersama chef terkenal Anthony Bourdain.

Dalam salah satu foto yang menunjukan sang Presiden tengah menyantap makan malamnya itu, ia terlihat sudah lihai menggunakan sumpit.

7. Tempat sederhana 

Presiden AS, Barack Obama berjabat tangan usai makan di warung sederhana bersama Anthony Bourdain di Hanoi, Vietnam (24/5). Kunjungan Obama ke Vietnam untuk mengakhiri larangan penjualan perlengkapan militer kepada pihak Hanoi. (REUTERS/Carlos Barria)

Melansir dari BBC, semua perabotan hingga desain interior restoran itu sangat sederhana. Kursi yang diduduki Presiden Obama pun terbuat dari plastik. 

8. Sambutan Hangat

Presiden AS, Barack Obama menyapa warga usai wawancara dengan Anthony Bourdain di area perbelanjaan Hanoi, Vietnam (24/5). Kunjungan Obama ke Vietnam untuk mengakhiri larangan penjualan perlengkapan militer kepada pihak Hanoi. (REUTERS/Carlos Barria)

Walaupun seakan saat mereka makan tidak ada yang menyadari keberadaan kedua orang ternama tersebut, Presiden Obama tetap diberikan sambutan hangat dari kerumunan orang yang berkumpul di depan restoran sederhana itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini