Sukses

Kayu Transparan, Material Mutakhir Pengganti Kaca

Ilmuwan asal Maryland Univeristy berhasil menciptakan kayu tembus pandang yang ramah lingkungan dan dapat digunakan untuk menggantikan kaca.

Liputan6.com, College Park - Kayu dikenal sebagai salah satu bahan bangunan yang menciptakan beberapa arsitektur bersejarah di dunia.

Saat ini para arsitek dan insinyur sedang gencar mencari bahan bangunan yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Berdasarkan studi terbaru, mereka rencananya akan menggunakan kayu sebagai bahan utama, tapi dengan cara tak biasa.

Beberapa tahun terakhir, ilmuwan di University of Maryland, mengembangkan material kayu namun dengan wujud yang tembus pandang atau transparan. Hasil penelitian itu dipublikasikan di jurnal Advanced Materials.

Dikutip dari CNN, Rabu (25/5/2016), kayu tembus pandang itu lebih kokoh dari kayu pada umumnya. Demikian diungkapkan Dr Liangbing Hu dari Departemen Sains Material dan Teknik di University of Maryland.

Di saat arsitektur urban marak menggunakan kaca dan baja, menggantinya dengan kayu transparan dapat mengurangi biaya pembuatan serta menekan konsumsi bahan bakar dalam pembuatannya.

Cara Pembuatan

Hu mendeskripsikan proses pembuatan kayu transparan tersebut dalam dua langkah. Pertama, lignin -- zat yang terkandung dalam kayu -- dibuang secara kimiawi.

Langkah tersebut sama dengan cara yang dilakukan oleh pabrik pembuat kertas. Lignin merupakan zat yang berperan dalam memberi warna kekuningan dalam kayu.

Kedua, adalah menyuntikkan pembuluh kayu dengan epoksi yang berfungsi untuk menguatkan kayu.

Cara pembuatan kayu transparan (Univeristy of Maryland).

Epoksi biasanya digunakan sebagai bahan perekat dan memperkuat material komposit untuk bangunan. Proses yang memakan waktu satu jam tersebut, dilakukan dengan tujuan menjaga serat nano selulosa.

"Serat kecil yang terbentuk di dinding pembuluh kayu membuat benda itu menjadi kokoh," ujar Hu.

"Kami tak mengganggu pembuluh tersebut. Untuk yang pertama kalinya kami dapat menjaga struktur kayu dan membuatnya menjadi transparan dan secara bersamaan menguatkannya," tambahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keuntungan Kayu Transparan Sekuat Baja

Keuntungan Kayu Transparan

Implikasi dari ditemukannya kayu transparan sangat luas. Menurut Hu, dalam ke depannya material tersebut dapat menggantikan kaca.

"Jendela yang terbuat dari kaca menjadi masalah besar pada musim panas dan dingin, mereka memiliki kemampuan isolasi panas yang buruk," jelas Hu.

Kayu transparan dapat digunakan sebagai material pengganti kaca (University of Maryland).

Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa kayu transparan menunjukkan kualitas transmisi tinggi dan dapat berpotensi digunakan dalam sel surya, yang mengubah energi matahari menjadi listrik.

"Jika kamu menempatkan kayu transparan di depan sel surya, jumlah cahaya yang diserap akan lebih tinggi dan efisiensi meningkat menjadi 30 persen," ujar Hu.

Lebih Kuat dari Baja

Material baru tersebut kemungkinan dapat digunakan oleh arsitek dan insinyur yang mencari material ramah lingkungan.

"Secara potensial, kayu transparan setara atau bahkan melebihi kekuatan baja, dengan tambahan keuntungan bahwa benda itu memiliki bobot lebih ringan dari baja," jelas Hu.

Ilustrasi Pembuatan Baja (iStockphoto)

Saat ini, tim peneliti sedang mencari dana tambahan untuk melanjutkan penelitiannya dan memprediksi bahwa kayu transparan tersebut akan berada di pasar komersial dalam beberapa tahun ke depan.

Sejak penelitian tersebut dipublikasikan, Hu telah menerima banyak pertanyaan oleh perusahaan untuk menguji apakah teknologi itu dapat diproduksi secara massal.

"Ini menarik. Karena material tersebut telah digunakan dalam jangka waktu yang panjang, telah ada banyak pengetahuan dan infastruktur pembuatan di industri kayu, jadi bidang ini akan berkembang dengan pesat," Hu menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini