Sukses

25-5-1961: Ambisi 'Gila' Kennedy Kirim Manusia Pertama ke Bulan

Kennedy mengumumkan proyek ambisiusnya dan meminta Kongres untuk mengeluarkan dana Rp 23,3 T untuk mempercepat program tersebut.

Liputan6.com, Washington DC - Pada tahun 1961, tepatnya tanggal 25 Mei, Presiden AS John F Kennedy mengumumkan di depan Kongres tentang ambisinya mengirim warga Amerika ke bulan pada 1970.

Selain itu, ia meminta bantuan keuangan sebesar $ 1.700 juta atau Rp 23,2 triliun untuk mempercepat berjalannya program tersebut. Pengiriman manusia ke bulan juga dijadikan Kennedy sebagai prioritas negara.

Dilansir dari BBC, anggaran tersebut akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan cara untuk mendaratkan seorang warga Amerika di bulan pada akhir dekade.

"Aku yakin bahwa bangsa ini harus berkomitmen untuk mencapai tujuan, sebelum dekade ini berakhir, membawa manusia mendarat di Bulan dan mengembalikannya dengan selamat ke Bumi," ujar Kennedy.

Amerika kala itu sedang 'kebakaran jenggot'. Kalah langkah dari seterunya. Pada 12 April 1961, Uni Soviet menjadi negara pertama yang berhasil mengirim manusia, yakni astronot Yuri Gargarin, ke angkasa luar selama 108 menit menggunakan pesawat Vostok 1.

Amerika juga telah mengirimkan astronotnya, Alan Shepard, ke angkasa luar pada 12 April 1961. Namun pada saat itu ia tak mengorbit Bumi seperti yang dilakukan kosmonot Rusia.

Dikutip dari History, sebenarnya pada saat itu AS dan Uni Soviet sedang melakukan perlombaan senjata. Tak ingin kalah dengan lawannya, Kennedy ingin menjadikan program angkasa luar untuk menandingi apa yang telah Uni Soviet lakukan dalam bidang tersebut.

Dalam pidato sebelumnya, Kennedy mengaitkan kebutuhan program angkasa luar dengan pertarungan politik dan ekonomi -- antara demokrasi dengan komunis.

Ia mendesak Kongres untuk memobilisasi sumber daya keuangan untuk mempercepat kemajuan program angkasa luar.

Neil Armstrong di Bulan. (Nasa.gov)

Sebelum sempat menyaksikan keberhasilan AS mengirim manusia pertama ke Bulan, Kennedy meninggal karena ditembak di atas limusinnya pada 22 November 1963.

Pada 20 Juli 1969, impian Kennedy terwujud. AS berhasil mengirim Neil Armstrong, sebagai manusia pertama yang menjejakkan kaki ke Bulan.

Sesaat setelah ia tiba di Bulan, Presiden Amerika saat itu Richard Nixon, menghubungi Armstrong dan berkata bahwa seluruh warga Amerika sangat bangga kepadanya.

Selain pengumuman dikirimnya manusia ke Bulan oleh Kennedy, pada tanggal yang sama tepatnya tahun 1977, film pertama Star Wars dirilis.

Pada tahun 1979 di tanggal yang sama, pesawat American Airlines mengalami kecelakaan dan menyebabkan 277 penumpangnya meninggal dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.