Sukses

Kim Jong-un Carikan Jodoh untuk Adiknya, Siapa Tertarik?

Sebagai adik dari Kim Jong-un, perempuan ini memiliki sejumlah peranan penting, salah satunya bertanggung jawab atas propaganda Korut.

Liputan6.com, Pyongyang - Pemimpin tertinggi Korea Utara (Korut), Kim Jong-Un meluncurkan kompetisi unik -- pencarian jodoh bagi sang adik, Kim Yo-jong.

Yo-jong sampai saat ini diketahui masih hidup melajang. Adik perempuan Kim Jong-un itu saat ini menjabat sebagai salah satu anggota Komite Pusat Korut.

Menurut media asal Inggris, The Sun, Minggu (22/5/2016) Jong-un menaruh beberapa syarat bagi calon adik iparnya kelak.

Sejumlah syarat itu antara lain adalah sang pria harus lulusan atau mahasiswa Universitas Kim Il Sung, memiliki tinggi badan 177 cm dan pernah bertugas di militer Korut.

Statusnya sebagai adik Kim Jong-un membuat Yo-jong memegang sejumlah peranan penting di negeri itu. Sosoknya adalah  penanggung jawab setiap program propaganda Korut.

Dia pun disebut-sebut, merupakan sahabat dari pebasket kenamaan Dennis Rodman. Eks pemain Chicago Bulls ini sudah 2 kali berkunjung ke Pyongyang untuk menemui Jong-un.

Ini bukan kali pertama Korut mengadakan kompetisi cari jodoh. Pada 2012, ajang serupa diadakan untuk mencari istri bagi pemimpin mereka saat ini, Kim Jong-Un.

Hanya sedikit informasi yang diketahui tentang Kim Yo-jong -- selama ini kehidupannya tak diumbar televisi negara.Ia dilaporkan menempuh pendidikan di Swiss, sama seperti abangnya.

Yo-jong yang diperkirakan lahir tahun 1987 atau 1988 adalah bungsu dari 7 saudara -- anak-anak Kim Jong-il dari 4 istri -- yang terungkap.

Dalam sejumlah penampilannya, ia hampir tak menonjol di jajaran elite Pyongyang. Selama bertahun-tahun, corong resmi negara tak menyebut Yo-jong sebagai kader resmi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini