Sukses

7 Tips Hilangkan Kerut Pakaian Tanpa Setrika

Ada beberapa trik sederhana untuk mengurangi pakaian kusut, namun lakukan dengan hati-hati.

Liputan6.com, London - Ada masa di mana tugas setrika baju menumpuk, misalnya karena asisten rumah tangga sedang tidak ada di rumah, atau karena penundaan cucian karena cuaca yang tidak bersahabat.

Menggunakan setrika pada cucian yang menumpuk tentu cukup melelahkan. Namun ada sejumlah cara praktis yang bisa Anda gunakan, seperti dikutip dari Daily Mail pada Sabtu (21/5/2016):

1. Pelurus Rambut

Jika sedang terburu-buru, alat pelurus rambut bisa digunakan. Jepitlah pakaian dan tarik seperti biasanya gerakan meluruskan rambut. Cara ini baik sekali untuk meluruskan kerah atau daerah di antara kancing-kancing baju.

Ada beberapa kita sederhana yang dapat mengurangi kusutnya pakaian, namun lakukan dengan hati-hati. (Sumber BuzzFeed)

2. Pengering Rambut

Bisa juga menggunakan pengering rambut setelah sedikit melembabkan pakaian sebelum disemprot dengan udara panas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode Uap

3. Uap Kamar Mandi

Satu jalan pintas lainnya dapat dilakukan menggunakan uap ketika sedang mandi.

Uap panas yang berasal dari mandi air hangat dapat membantu menghilangkan kerutan pada pakaian. Dengan demikian, ketika mandi, gantunglah pakaian di rak kamar mandi.

Proses ini membutuhkan waktu kira-kira 15 menit, tapi pastikan bajunya cukup dekat dengan uap namun jangan sampai basah.

4. Uap Cerek Dapur

Ada beberapa kita sederhana yang dapat mengurangi kusutnya pakaian, namun lakukan dengan hati-hati. (Sumber youthwill.com)

Metode uap lainnya dapat dilakukan ketika sedang membuat secangkir teh. Ketika air dalam cerek sedang mendidih, peganglah pakaian sekitar 30 cm dari moncongnya.

5. Mesin Pengering

Bisa juga dengan menggunakan mesin pengering. Masukan pakaian dalam mesin pengering beserta dengan sebuah es batu atau kaos kaki basah untuk menciptakan uap. Pasang di level panas medium dan biarkan selama 15 menit.

Pastikan segera menggantung pakaian supaya tetap bebas dari kusut.

6. Panci Panas

Ada beberapa kita sederhana yang dapat mengurangi kusutnya pakaian, namun lakukan dengan hati-hati. (Sumber thebrunettediaries.com)

Jika setrika Anda sedang rusak, gunakan panci yang dipanaskan dari kompor. Didihkan air di dalam panci dan buang airnya sebelum mendekatkan panci itu ke pakaian yang kusut seperti penggunaan setrika.

Tapi berhati-hatilah karena panasnya tidak merata dan dapat menghanguskan pakaian jika teledor.

7. Digulung

Terakhir, jika masih belum berhasil, gulunglah pakaian rapat-rapat dan tempatkan di bawah benda berat, semisal kasur, selama kira-kira satu jam. Walaupun tidak sempurna, kusutnya berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini