Sukses

Intip Keindahan Masjid 'Pelangi' di Iran

Masjid Nasir al-Mulk di kota Shiraz, Iran juga sering dijuluki sebagai Masjid Pink.

Liputan6.com, Shiraz - Tidak sedikit orang yang jatuh hati usai melihat bagian dalam masjid yang berlokasi di Kota Shiraz, Iran. Berbeda dengan masjid yang biasa kita lihat sehari-hari, masjid yang dinamakan Nasir al-Mulk ini memiliki keindahan warna bak pelangi.  

Dari luar, masjid Nasir al-Mulk tampak seperti rumah ibadah lainnya. Namun, ketika menginjakkan kaki ke dalam, terutama di pagi hari, pantulan cahaya warna-warni yang indah dari jendela kaca akan menyambut kita -- membuat masjid tersebut layaknya istana kerajaan dalam kisah dongeng.

Masjid Nasir al-Mulk, Kota Shiraz, Iran. (Sumber: amazingplaces.com)

Desain unik kaca berwarna warni tersebut memang sengaja dibuat untuk dinikmati pada pagi hari. Sinar matahari pagi akan menerangi seisi masjid Nasir al-Mulk melalui kaca jendela warna-warninya dan memancarkannya hingga ke karpet tenun yang menyelimuti lantai bagian dalam masjid.

Masjid Nasir al-Mulk, Kota Shiraz, Iran. (Sumber: amazingplaces.com)

Melansir dari Huffington Post, masjid ini juga dikenal dengan julukan ‘Masjid Pink’ karena ubinnya sering kali berubah menjadi warna merah ketika cahaya matahari memantulkan sinarnya.

Walaupun masjid Al-Aqsa di Yerusalem dianggap sebagai yang tercantik diantara semuanya, tidak bisa dipungkiri bahwa keindahan interior masjid Nasir al-Mulk di kota Shiraz, Iran cukup langka.

Masjid Nasir al-Mulk, Kota Shiraz, Iran. (Sumber: amazingplaces.com)

Melansir dari National Geographic, masjid ini selesai dibangun pada tahun 1888 dan merupakan salah satu dari beberapa masjid yang tersebar di setiap sudut Kota Shiraz. Kota itu sendiri dikenal sebagai pusat pergerakan dan pengembangan ekonomi di wilayah selatan Iran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini