Sukses

Top 3: Fenomena 'Bertemu' Tuhan dan Kesehatan Otak

Fenomena 'bertemu' dan 'mengobrol' dengan Tuhan ternyata mungkin saja terkait dengan suatu bentuk epilepsi dalam otak manusia. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, apa yang terjadi pada otak saat mengalami bertemu 'Tuhan' masih menjadi misteri. namun, para peneliti memiliki suatu penjelasan tentang hal itu, walaupun tidak terdengar terlalu spiritual. 

Rupanya, artikel itu membuat pembaca Liputan6.com kanal Global edisi Rabu (18/5/2016) tertarik.  Selain berita fenomena otak tersebut, para pembaca juga tertarik dengan pembelian surat langka berusia ribuan tahun. Ternyata ada juga yang sanggup membelinya. Lalu, kembali ke masalah kedokteran dan kesehatan, yaitu tentang 5 hal yang tidak disangka-sangka dapat berpengaruh kepada usia manusia dan risiko kematian seseorang.

Berikut Top 3 Global malam ini:


1. Misteri Otak dan Pengalaman Melihat 'Penampakan' Tuhan

Walau sering dianggap sebagai bakat gaib, ternyata melihat 'penampakan' bisa berkaitan dengan epilepsi pada seseorang.

Bagi orang yang mempercayai suatu kekuatan yang lebih tinggi, pengalaman religius dapat menjadi hal yang mengubah kehidupan. Selama ini, apa yang terjadi pada otak saat mengalami hal itu masih menjadi misteri.

Biasanya, penelitian neuorologi tentang pengalaman tersebut berlangsung lama setelah kejadiannya sendiri. Baru-baru ini, seperti dikutip dari Daily Mail, sebuah tim peneliti Israel memindai otak pada saat kejadian seorang pasien 'melihat Tuhan'.

Para peneliti di Hadssah Hebrew University melaporkan kasus langka ketika sedang menangani seorang pasien yang memiliki suatu bentuk epilepsi. Sang pasien tengah berada dalam pengalaman religius dan ia melihat serta 'berbincang' dengan Tuhan.

Selanjutnya...

 

2. Miliarder China Beli Surat Berusia 1.000 Tahun Seharga Rp 423,8 M

Surat berusia 1.000 tahun yang ditulis pada zaman Dinasti Song dibeli seharga Rp 423,8 M ( www.ecns.cn)

Seorang 'raja' perfilman asal China, Wang Zhongjun membelanjakan hampir 22 juta poundsterling atau sekitar Rp 423,8 miliar hartanya untuk surat berisi 124 karakter yang ditulis sekitar 1.000 tahun lalu oleh seorang pelajar Dinasti Song, Zeng Gong.

Pria berumur 55 tahun yang merupakan Pemimpin Huayi Brothers Media, grup entertainment terbesar di China, membeli surat tersebut dalam sebuah lelang di Beijing.

Surat tersebut diperkirakan menjadi satu-satunya karya Dinasti Song dan Zeng Gong yang bertahan.

Selanjutnya...

 

3. 5 'Pembunuh' Tersembunyi Siap Mengintai Nyawa Anda

Para peneliti mengatakan bahwa jika seseorang sehat secara umum, maka obesitas 'sepertinya hanya sedikit meningkatkan risiko'.

Bicara masalah kesehatan, terdapat sejumlah kondisi yang dianggap dapat memperpendek umur manusia. Namun penelitian baru mengungkapkan adanya tiga hal di luar isu kesehatan yang lazim dibicarakan -- dapat mengintai nyawa anda setiap saat.

Kesepian, kehilangan indra penciuman, gangguan pada saat tidur, kesulitan berjalan, dan patahnya lengan di usia paruh baya disimpulkan oleh peneliti sebagai lima 'pembunuh tersembunyi'.

Dikutip dari Daily Mail, para peneliti Chicago University mengatakan bahwa faktor-faktor itu sama pentingnya dengan kondisi medis lain, seperti berat badan, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

Selanjutnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.