Sukses

Setinggi Menara Eiffel, Kapal Pesiar Terbesar Sedunia Siap Melaut

Harmony of the Seas disebut memiliki tinggi melebihi tinggi Menara Eiffel, pencakar langit The Shard di London, dan Burj Al Arab di Dubai.

Liputan6.com, Paris - Sebuah perusahaan kapal Norwegia-AS, Royal Caribbean Internasional, baru-baru ini meresmikan peluncuran kapal pesiar terbesar di dunia, Harmony of the Seas.

Saking besarnya, kapal itu bisa disebut sebagai 'kota apung', dilengkapi dengan fasilitas seperti taman bermain, pusat perbelanjaan, stimulator selancar, pertunjukan air, robot, dan hutan buatan lengkap dengan kicauan burung.

Dikutip dari Daily Mail, Selasa (17/5/2016), puluhan ribu orang berbondong-bondong datang untuk menyaksikan percobaan pelayaran pertama kapal raksasa itu, dari pelabuhan Saint-Nazaire di Brittany, barat laut Prancis pada Senin 16 Mei 2016.

Ribuan orang mendatangi pelabuhan untuk menyaksikan peresmian dan uji coba layar Harmony of the Seas (Reuters/Dailymail.com)

'Kota apung' tersebut dinakodai oleh tiga kapten yang sudah mengikuti training stimulator untuk menjalankan raksasa air itu.

Harmony of the Seas disebut-sebut memiliki tinggi melebihi tinggi Menara Eiffel, gedung pencakar langit The Shard di London, dan hotel mewah Burj Al Arab di Duabai.

Kapal pesiar ini lebih mirip seperti 'kota apung' di lautan luas (Reuters/Dailymail.com)

Raksasa laut ini juga lebih panjang 330 kaki atau 100 meter dibandingkan kapal fenomenal Titanic, dan dapat mengangkut sebanyak 8.880 penumpang -- 2.100 diantaranya adalah kru kapal dari 77 negara berbeda.

Fasilitas 'Kota Apung'

Ada sekitar 16 restoran disediakan di dalam pesiar terbesar di dunia tersebut. Salah satu restoran disebut Wonderland, bertemakan Alice in Wonderland.

Wonderland yang dibangun menjadi dua lantai, mengundang Anda untuk mencoba meluncur dan menjelajahi 'lubang kelinci'.

Restoran dengan seluncuran bertema Alice in wonderland (reuters/Dailymail.com)

Salah satu wahana seluncur itu disebut Ultimate Abyss atau neraka penghabisan. Seluncur ini memiliki dua tabung yang berliku-liku dan panjang. Saat akan menaiki wahana ini, Anda diharuskan menggunakan kantong seluncur khusus yang sudah disediakan.

Saat lampu indikator seluncur berubah hijau, bersiap-siaplah untuk meluncur dan berteriak sekuatnya.

"Aku tidak percaya akan mencoba melakukan kegilaan ini, lubangnya sangat panjang," kata seorang reporter media setempat.

Setelah Anda merasa lelah setelah menjelajahi 'lubang kelinci', makanan yang disediakan restoran tersebut akan memuaskan lambung.

Uniknya, menu yang disajikan tidak menuliskan nama makanan apa yang diinginkan, melainkan kategori makanan, seperti api, es, bumi, air, dan mimpi.

Seluncuran yang disebut neraka penghabisan atau Ultimate Abyss dengan puncak berbentuk kepala ikan pemancing atau Anglerfish (Reuters/Dailymail.com)

Kolam renang di depan kabin Anda penuh? Tidak perlu khawatir, karena kapal pesiar tersebut dilengkapi dengan banyak kolam renang dengan berbagai ukuran dan bentuk, yang bisa ditemukan di setiap sisi kapal.

Jika Anda ingin berselancar, raksasa tersebut juga memiliki stimulator berselancar di dalamnya, disebut Splashaway Bay. Tempat tersebut juga menyediakan pertunjukan air, seperti pertunjukan West End of Grease.

Harmony of the Seas memiliki 3.000 kabin untuk keluarga dan pribadi, yang dilengkapi dengan balkon (Reuters/dailymail.com)

'Kota apung' itu juga menyediakan taman untuk bersantai. Taman tersebut terlihat seperti miniatur Central Park NY dengan 10 ribu pohon dan tanaman di dalamnya.

Kapal pesiar tersebut dilengkapi dengan lebih dari 3.000 kabin, yang harganya dimulai dari 900 pound sterling atau setara dengan Rp 17 juta hingga 2,760 pound sterling atau Rp 55 juta per orang untuk satu minggu pelayaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.