Sukses

16-5-1929: Ajang Academy Awards Digelar untuk Pertama Kali

Tak seperti Academy Awards saat ini di mana pemenang dirahasiakan. Pada momen perdana, para peraih Piala Oscar sudah diberitahu.

Liputan6.com, California - Pada hari ini, 16 Mei tahun 1929, untuk pertama kalinya digelar ajang penghargaan bagi insan perfilman Amerika Serikat, Academy Awards. Perhelatan tersebut dilangsungkan di Blossom, Hotel Roosevelt, California, di mana para aktor dan aktris terbaik mendapatkan Piala Oscar.

Academy Awards ini pertama kali digelar oleh Direktur Perusahaan Film non-profit MGM Louis B Mayer, yang berdedikasi untuk kemajuan industri film. Acara penghargaan ini dipandu oleh pembawa acara, aktor Douglas Fairbanks, Sr.

Tak seperti Academy Awards yang digelar saat ini di mana pemenang dirahasiakan, pada momen perdana, para peraih Piala Oscar sudah diberitahu terlebih dahulu sebelum acara dimulai.

Lantas siapa saja pemenangnya?

Untuk Kategori Best Picture, film Wings terpilih sebagai pemenang. Karya yang disutradarai oleh William Wellman ini memakan biaya produksi termahal saat itu, yakni sebesar US$ 2 juta. Menceritakan dua pilot pesawat tempur Perang Dunia I yang jatuh cinta pada wanita yang sama.

Sementara, film lainnya, yakni Sunrise karya FW Murnau ditetapkan sebagai pemenang untuk kategori Best Film of the Year. Pria asal Jerman, Emil Jannings terpilih sebagai aktor terbaik atas perannya di film The Last Command and The Way of All Flesh. Dan aktris terbaik diraih oleh Janet Gaynor atas perannya di film Seventh Heaven, Steet Angel, dan Sunrise.

Penghargaan spesial dipersembahkan kepada Charlie Chaplin. Dia masuk nominasi penghargaan Aktor Terbaik, Penulis Terbaik, dan Sutradara Komedi Terbaik. Namun kemudian ia ditetapkan sebagai peraih penghargaan spesial.

Ajang Academy Awards kemudian juga dikenal dengan nama Oscar mulai tahun 1939. Nama Oscar ini diambil dari nama paman petinggi penyelenggara acara tersebut, yakni Paman Oscar.

Awalnya, para pemenang baru dipublikasikan tiga bulan kemudian melalui media cetak setelah malam penganugerahan. Namun kemudian, Sejak tahun 1942, hasilnya langsung diumumkan saat itu juga melalui televisi, termasuk saat pembukaan amplop berisi pemenang.

Sejarah lain mencatat pada 16 Mei 1770, perempuan bernama Marie Antoinette yang berusia 14 tahun menikah dengan Louis Auguste yang kelak menjadi Raja Prancis. Sementara pada 16 Mei tahun 1975, merupakan momen saat India mengambil wilayah Sikkim setelah negara pegunungan tersebut mengadakan referendum -- di mana suara terbanyak menginginkan integrasi dengan India.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.