Sukses

Pesawat Terbesar di Dunia Mendarat di Kota Perth Australia

Pesawat ini sebelumnya mengisi bahan bakar di sejumlah tempat sebelum mencapai kota Perth, Australia.

Liputan6.com, Perth- Pesawat terbesar di dunia, Antonov An-255 Mriya akhirnya mendarat di landasan udara bandara kota Perth, Australia hari Minggu (15/5/2016). Para penonton dan penggemar dunia aviasi dengan antusias menunggu kedatangan kapal yang dibuat pada tahun 1980 itu.

Melansir dari Huffington Post, Minggu (15/5/2016), pesawat terbesar di dunia itu terbang dari ibukota Republik Ceko, Praha pada hari Rabu, 11 Mei 2016 menuju kawasan benua Australia. 

Pesawat tersebut membawa generator dengan berat 117 ton yang telah dibeli oleh sebuah perusahaan di Australia bagian Barat.

Mriya melakukan perhentian di sejumlah lokasi seperti di Turkmenistan, India dan Malaysia, untuk mengisi bahan bakarnya. Hal tersebut sangat diperlukan karena jarak yang harus ditempuh mencapai 4,067 kilometer.

Pesawat terbesar di dunia (sumber:The Australian)

Pesawat itu dulunya merupakan alat transportasi yang digunakan untuk membawa pesawat ulang-alik milik Rusia. Burung besi itu mampu menampung objek dengan berat hingga 600 ton dan kini digunakan untuk mengangkut kargo ukuran besar ke seluruh dunia.

Pada tahun 2004, Mriya terbang mengangkut 247 ton mesin pipa minyak menuju Uzbekistan.

Melansir dari news.com.au, kata 'Mriya' untuk pesawat ini berasal dari bahasa Ukraina yang artinya adalah 'mimpi'.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.