Sukses

Peringatan Runtuhnya Tembok Berlin Berlangsung Meriah

Peristiwa robohnya Tembok Berlin 20 tahun silam diperingati dengan meriah di Jerman. Di Prancis, peringatan dirayakan dengan konser akbar.

Liputan6.com, Paris: Peringatan runtuhnya Tembok Berlin di Gerbang Brandenburg, Berlin, Jerman, Selasa (10/11) berlangsung sangat meriah. Seribu papan domino bergambar grafiti yang berjajar di bekas rute tembok sejauh 1,6 kilometer itu, digulingkan sebagai gambaran runtuhnya pemerintah komunis di Eropa Timur [baca: Dunia Akan Rayakan Runtuhnya Tembok Berlin]. Tak hanya itu, gemerlap kembang api pun mengakhiri rangkaian peringatan.

Di Kota Paris, Prancis, peringatan yang sama tak kalah meriah. Sebanyak 27 pemain selo membawakan berbagai musik klasik. Di antaranya karya Gabriel Faure, Alfred Schnittke dan Johann Sebastian Bach. Tak ketinggalan, paduan suara angkatan bersenjata Prancis pun turut menyumbangkan suara.

Panggung dengan permainan cahaya yang indah tempat para pemusik dan penyanyi beraksi merupakan simbol dari tembok yang telah berdiri selama tiga dekade itu. Acara ini terinspirasi dari konser spontan yang digelar pemain selo Rusia, Mstislav Rostropovich di pos pemeriksaan Charlie, dua hari setelah Tembok Berlin runtuh pada 1989.

Perdana Menteri Prancis, Francois Fillon turut hadir dalam acara yang digelar di Place de la Concorde ini. Selengkapnya simak video berita ini.(IRN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.