Sukses

Thaksin Shinawatra Tiba di Kamboja

PM Thailand Thaksin Shinawatra tiba di Pnom Penh menyusul penunjukan dirinya sebagai penasihat ekonomi Kamboja. Kunjungan kontroversial ini akan membuat ketegangan antara Thailand dan Kamboja.

Liputan6.com, Pnom Penh: Setelah jadi buronan di negeri sendiri, Perdana Menteri (PM) terguling Thailand Thaksin Shinawatra secara mengejutkan tiba di Pnom Penh, Kamboja, Selasa (10/11). Kedatangan Thaksin terkait penunjukan dirinya sebagai penasihat ekonomi Pemerintah Kamboja. Kunjungan kontroversial ini dipastikan akan membuat tegang hubungan kedua negara.

Thaksin tiba di Pnom Penh menggunakan pesawat pribadi. Setibanya di bandara Thaksin langsung dikawal ketat oleh pengawal kiriman PM Hun Sen untuk selanjutnya menuju Ibu Kota. Sebagai penasihat ekonomi Kamboja, Thaksin akan memberi kuliah di hadapan 300 ekonom di Ibu Kota Pnom Penh. Kendati Thailand menanggapai penunjukan Thaksin dengan reaksi keras, namun Kamboja tetap bergeming untuk menarik Thaksin.

Thaksin digulingkan lewat kudeta militer pada 2006. Ia kemudian mengasingkan diri ke sejumlah negara, antara lain ke Dubai, Uni Emirat Arab. Itu dilakukan untuk menghindari tudingan korupsi yang dapat menggiringnya menghuni penjara selama dua tahun. Selengkapnya, simak video berita ini.(UPI)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.