Sukses

10 Terowongan Pohon Paling Indah di Dunia

10 terowongan pohon paling indah di dunia tersebar di sejumlah negara.

Liputan6.com, Tokyo - 10 terowongan pohon paling indah di dunia tersebar di sejumlah negara mulai dari Jepang, Afrika Selatan, Amerika Serikat hingga Irlandia. Terowongan pohon ini ada yang terbentuk secara alami, namun ada pula yang sengaja dibuat.

Seperti dilansir Amazing Beautiful World, Kamis (12/5/2016) berikut 10 terowongan pohon paling indah di dunia:

1. Terowongan Wisteria, Jepang

Terowongan Wisteria di Jepang (flavorverse)

Terowongan Wisteria terletak di dalam Taman Kawachi Fuji. Taman ini berada di Kota Kitakyushu, Prefektur Fukuoka, Jepang.

Bulan Mei adalah waktu yang tepat untuk berkunjung ke terowongan ini karena pada waktu tersebut tanaman wisteria atau yang disebut oleh masyarakat Jepang sebagai Fuji sedang mekar.

Di Jepang peristiwa mekarnya tanaman wisteria ini dikenal dengan nama Fuji Matsuri atau Japanese Wisteria Festival. Perayaan mekarnya tanaman Fuji ini digelar di sejumlah kota seperti Tokyo, Shizuoka, dan Okazaki.

2. Jacarandas Walk, Afrika Selatan

Terowongan Jacaranda di Afrika Selatan (rumblerum)

Terowongan pohon yang spektakuler ini berada di Kota Johhanesburg. Pada bulan Oktober bunga-bunga dari ribuan pohon Jacaranda yang memiliki bunga berwarna ungu ini akan mekar.

Sekitar 70.000 pohon Jacaranda yang tengah mekar ini kabarnya akan menyuguhkan pemandangan yang spektakuler.

Jacaranda adalah pohon tropis yang berasal dari Amerika Selatan (terutama di Uruguay, Brasil, Peru & Argentina) serta basin Karibia. Pohon ini diimpor ke Afrika Selatan lebih dari 100 tahun lalu.

3. Terowongan Cinta, Ukraina

Terowongan Cinta di Ukraina (Daily Mail)

Terowongan cinta ini berlokasi di sebuah kota kecil, Kleva, sebelah barat Ukraina. Dengan panjang 3 km, terowongan yang terbentuk secara alami ini terletak di jalur rel kereta.

Namun kereta yang melewati jalur ini bukan kereta penumpang, melainkan kereta pengangkut kayu yang berjalan sesuai jadwal tiga kali sehari.

Terdapat kepercayaan lokal yang menyebutkan, bahwa keinginan dan harapan pasangan yang berjalan melewati terowongan romantis ini akan terkabul.

4. Terowongan Bambu, Jepang

Terowongan Bambu di Jepang (Daily Mail)

Selain Terowongan Wisteria, Jepang juga memiliki terowongan indah lainnya -- Terowongan Bambu. Lorong besar nan indah ini dibentuk oleh pohon-pohon bambu yang menjulang tinggi sepanjang kurang lebih 500 meter.

Terowongan Bambu atau Bamboo Path ini dapat ditemui di Hutan Sagano Bamboo yang terletak di Arashiyama, Jepang. Karena keindahannya, Badan Urusan Kebudayaan menyebut Arashiyama sebagai “Place of Scenic Beauty”.

5. The Dark Hedges, Irlandia

The Dark Hedges di Irlandia (BBC)

Berlokasi di Antrim, Irlandia, The Dark Hedges adalah terowongan yang akan membuat siapa saja terpukau. Bagian kanan dan kiri jalan The Dark Hedges ini ditanami pohon yang telah berusia 300 tahun.

Bagian pohon yang saling melilit menciptakan atmosfir yang begitu dramatis. Adalah seorang tuan tanah James Stuart, yang menanam pohon-pohon tersebut. Ia melakukannya untuk membuat siapa saja yang berkunjung ke rumahnya terkesan.

Sebelum diperkenalkan secara resmi oleh biro pariwisata Irlandia pada tahun 1998 lalu, kebanyakan penduduk negara itu tidak mengenal The Dark Hedges. Karena keunikannya, maka tak butuh waktu lama bagi The Dark Hedges untuk menjadi salah satu ikon wisata Irlandia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dari Jepang hingga Brazil

6. Terowongan Pohon Yew, Inggris

Terowongan Pohon Yew di Inggris (iscreamsundae)

Terowongan Pohon Yew berlokasi di salah satu taman paling indah di Inggris, Aberglasney House. Lorong indah ini populer sebagai tujuan wisata.Pohon-pohon Yew yang besar dan berusia ratusan tahun ini kabarnya ditanam pada abad 18 oleh Keluarga Dyer.

7. Terowongan Pohon Ginkgo, Jepang

Terowongan Pohon Ginkgo di Jepang (Daily Mail)

Gingko biloba adalah pohon yang paling dihormati dalam budaya Jepang. Pohon ini selamat dari serangan bom Hiroshima dan bahkan tetap bertahan hidup hingga saat ini.

Dengan alasan tersebut, maka masyarakat Jepang memiliki sejumlah panggilan terhadap pohon ini dengan antara lain 'pohon pembawa harapan', 'the survivor' dan 'fosil yang hidup'.

8. Terowongan Pohon Musim Gugur, Amerika Serikat

Terowongan Pohon Musim Gugur di AS (flavorverse)

Terowongan yang terletak di kawasan Smuggler Notch, negara bagian Vermont ini memiliki warna yang indah seiring dengan masuknya musim gugur.

9. Terowongan Pohon Rosewood, Brazil

Terowongan Pohon Rosewood (viralnero)

Ratusan pohon Rosewood berbaris rapi di sepanjang Rua Goncalo de Carvalho di Porto Alegre, Brazil. Jalan cantik ini adalah bagian dari warisan sejarah, budaya, lingkungan dan ekologi.

Fakta menarik lainnya adalah pohon-pohon sepanjang tiga blok kota ini dapat mengurangi kebutuhan AC penduduk kota sampai 30%.

10. Terowongan Pohon Cherry Blossom, Jerman

Terowongan Pohon Cherry Blossom di Jerman (flavorverse)

Terletak di Bonn, Jerman, terowongan ini akan berubah menjadi sangat cantik setiap kali musim semi datang dimana bunga pohon Cherry Blossom itu mekar dengan sempurna. Namun sayangnya, warna merah muda itu hanya akan bertahan selama 7-10 hari, tergantung kondisi cuaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.